Reshuffle Kabinet, Erick Thohir: Rosan Roeslani Akan Bantu BUMN Go Global

, MimbarBangsa.co.id – Reshuffle kabinet, Menteri Badan Usaha Milik Negara () berharap II yang baru dilantik Rosan Roeslani dapat mengawal transformasi Kementerian BUMN. Menurut , pengalaman Rosan akan membantu BUMN go global.

“Rosan Roeslani, tidak diragukan lagi kredibilitas dan kapabilitasnya,” kata Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (17/7/2023).

Rosan, yang memiliki latar belakang sebagai seorang bankir, sebelumnya menjabat sebagai Ketua Kadin dari tahun 2015 hingga 2020, serta pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Reshuffle kabinet, Erick yakin bahwa pengalaman Rosan di sektor industri dan jabatannya terakhir sebagai Duta Besar akan memberikan perspektif baru dalam upaya transformasi BUMN di masa depan.

“Harapannya, hal ini akan memperkuat upaya BUMN untuk bersaing di kancah global,” kata Erick.

Saat ini, Wakil Menteri BUMN I dijabat oleh Kartika Wirjoatmodjo, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN II. Posisi Wakil Menteri BUMN I sebelumnya diisi oleh Pahala Nugraha Mansury, yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

Dalam reshuffle kabinet, selain Rosan Roeslani, Presiden juga mengumumkan perubahan jabatan bagi beberapa Kementerian BUMN. , yang sebelumnya menjabat sebagai staf khusus Menteri BUMN bidang komunikasi, kini menjabat sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Erick berharap adanya kolaborasi strategis antara Kementerian BUMN, Kominfo, dan Kementerian Luar Negeri di masa depan untuk memperkuat pasokan sumber daya yang dibutuhkan dalam mempercepat pembangunan ekosistem EV Battery, ketahanan energi, dan industri pangan.

Lebih lanjut, Erick menekankan bahwa perbaikan BUMN membutuhkan sinergi dan kolaborasi antara kementerian, lembaga, sektor swasta, dan masyarakat

 

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply