Irjen Pol Krisnandi Wakili Menparekraf RI Tutup Secara Resmi Nias Pro 2023

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id – Mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Staf Khusus Kemenparekraf Bidang Akuntabilitas, Irjen Pol. Krisnandi, S.H., M.H.  menutup secara resmi Kejuaraan Surf Internasional, World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000 di Pantai , Kecamatan Luahagundre, Kabupaten Nias Selatan, Minggu (17/9/2023) sore hari.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, World Surf Internasional (WSL) Nias Pro 2023 QS5000 digelar di Pantai Sorake sejak 11 September 2023 sampai 17 September 2023. Even skala internasional ini diikuti 198 orang atlet dari berbagai negara berikut Australia, Brazil, , India, Jepang, , New Zealand, , Philippine, , Swedia, Thailand, UK, dan USA. Kegiatan ini dibagi dalam empat kategori, yakni Men's Category QS5000, Women's Category QS5000, Men's Junior Pro, dan Women's Junior Pro.

Paskah-Sekda-Nias-Selatan-Ikhtiar-Duha

Tonton juga: Sosok Mayat Ditemukan Di Sawahlunto, Diduga Kuat Jasad Iwan S.Telaumbanua

 


Dalam laporan panitia, Firman Giawa mengaku bahwa dirinya bersama Hilarius Duha, sudah merencanakan agar pada tahun 2024, event internasional Nias Pro bisa dilaksanakan dua kali dalam setahun, karena hal ini dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat Nias Selatan.

Staf Khusus Kemenparekraf Bidang Akuntabilitas, Irjen Pol. Krisnandi, S.H., M.H. saat menyerahkan hadiah kepada QS5000 Mens WSL Nias Pro 2023
Staf Khusus Kemenparekraf Bidang Akuntabilitas, Irjen Pol. Krisnandi, S.H., M.H. saat menyerahkan hadiah kepada QS5000 Mens WSL Nias Pro 2023

“Kami mohon kepada Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ini sudah agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan didanai 100% dari APBD. Saya dengan pak Bupati sudah berencana untuk mengagendakan Nias Pro dua kali setahun,” tutur Wakil Bupati.

Pada momen penutupan Nias Pro 2023 ini, Irjen Pol. Krisnandi mengapresiasi Panitia, WSL, PSOI, Selatan dan masyarakat yang telah sukses melaksankan kegiatan even internasional World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan pesan dari pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, beliau menyampaikan apresiasi dan Penghargaan yang luar biasa pada Kabupaten Nias Selatan, panitia, dan masyarakat karena bisa menyelenggarakan sebuah kegiatan yang memanfaatkan pada potensi alam,” katanya menirukan pesan Sandiaga Uno.

Para Pemenang Nias Pro 2023 bersama para Pejabat

Selain itu, ia juga menyambut baik permintaan Wakil Bupati Nias Selatan yang meminta dukungan dari pusat yang rencananya akan melaksanakan kegiatan Nias Pro dua kali setahun.

“Tadi panitia sudah menyampaikan, nanti akan saya sampaikan ke Pak Menteri Sandiaga Uno, mudah-mudahan mendapat dukungan dari Jakarta, dan bisa terselenggara dua kali dalam satu tahun,” kata Krisnandi.

Selain itu, Staf Khusus Menparekraf RI Bidang Akuntabilitas itu berharap agar tahun depan event Nias Pro bisa dilanjutkan meskipun nanti sudah berganti Bupati, karena potensi pariwisata Nias Selatan luar biasa. “Saya berharap ini bisa dilanjutkan tahun depan, meskipun nanti sudah berganti kepemimpinan,” ucapnya.

Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. saat menyerahkan hadiah kepada Pro Junior Womens WSL Nias Pro 2023
Bupati Nias Selatan , S.H., M.H. saat menyerahkan hadiah kepada Pro Junior Womens WSL Nias Pro 2023

Di kesempatan itu juga, Irjen Pol. Krisnandi mengapreasi keberhasilan Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. yang berhasil melaksanakan Nias Pro sebanyak 4 kali di masa kepemimpinannya. Staf Sus ini berharap agar kiranya, kegiatan World Surf League Nias Pro ini terus dilaksanakan oleh siapapun nanti bupatinya.

“Saya berharap event ini bisa dteruskan oleh Bupati Nias Selatan berikutnya,” harapnya.

Usai kata sambutan dan Penutupan Nias Pro 2023, dilanjutkan dengan pembacaan pemenang Kejuaraan Worl Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000.

 

Adapun nama-nama pemenang Kejuaraan Worl Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000 adalah sebagai berikut:

Pro Junior Mens WSL Nias Pro 2023:

Juara 1: Monnojo Yahagi dari Jepang, Juara 2: Tenshi Iwami dari Jepang, Juara 3: Winter Vincent dari Australia, Juara 4: Jarvis Earle dari Australia.

Pro Junior Womens WSL Nias Pro 2023:
Juara 1: Cocona Kawase dari Jepang, Juara 2:  Ella McCaffray dari USA, Juara 3: Nanaho  Tsuzuki dari Jepang, Juara 4: Sumomo Sato dari Jepang.

QS5000 Womens WSL Nias Pro 2023
Juara 1: Philippa Anderson dari Australia, Juara 2: Paige Hareb dari Selandia Baru, Juara 3: Freya Prumm dari Australia, dan Juara 4: Rosie Smart dari Australia

QS5000 Mens WSL Nias Pro 2023
Juara 1: Rio Waida dari Indonesia, Juara 2: Tully Wylie dari Australia, Juara 3:  Jack Thomas dari Australia, dan Juara 4: dari Australia.

Dari pantauan media ini, dari 13.oo para pengunjung sudah mulai berdatangan dan memadati Pantai Sorake. Para penonton begitu bersamangat melihat berbagai rangkain acara Penutupan Nias Pro 2023.

Acara penutupan Nias Pro 2023 ini dihadiri oleh sejumlah Pejabat Utama dari Pusat, Provinsi, telebih-lebih Forkopimda di wilayah Kepulauan Nias.

Dari awal hingga akhir acara, para pengunjung begitu bersemangat dan antusias mendokumentasikan berbagai acara.

Selesai acara Penutupan Nias Pro 2023 dilanjutkan dengan berbagai kegiatan yang di antaranya kuis berhadia dari Bank Sumut Teluk Dalam, musik persembahan dari Meyer Entertaiment, dan dilanjutkan dengan DJ yang membuat para pengunjung ikut bergoyang.

Menjelang penutupan hari ini, para pengunjung terus berdatangan dipantai Sorake dihadiri oleh ribuan pengunjung dari berbagai daerah dengan antusias tinggi.

 

 

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply