Nasdem Terima Hasil Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Sendirian Gugat ke MK

, MimbarBangsa.co.id – Partai secara resmi merespons hasil Pemilu 2024 dengan mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto- Rakabuming Raka yang terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Pengumuman ini datang setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil Pemilu 2024 di Jakarta pada Rabu malam.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, menyampaikan apresiasi kepada semua yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024 serta kepada ketiga pasangan calon presiden yang terlibat dalam kontestasi. Di tengah kegembiraan atas kemenangan Prabowo-Gibran, Surya Paloh juga menegaskan bahwa partainya tetap akan mendukung segala upaya untuk memastikan keadilan terkait hasil Pemilu.

“Saya dengan ini menyampaikan ucapan selamat kepada semua partai yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024, dan kepada ketiga pasangan calon yang terlibat dalam kontestasi pemilihan presiden. Kami dari Partai Nasdem memberikan ucapan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang 2024,” ujar Surya Paloh dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta.

Nasdem berencana untuk mengajukan gugatan terkait hasil pemilihan anggota legislatif di enam daerah pemilihan, termasuk tiga di Sumatera, satu di Papua, dan dua di Jawa. Surya Paloh mengajak semua pihak untuk mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan kelompok atau golongan dalam proses mencari keadilan pasca-pemilu.

“Partai Nasdem mengajak seluruh komponen bangsa untuk selalu mengedepankan kepentingan nasional di atas kepentingan kelompok atau golongan dalam upaya mencari keadilan pasca-pemilu,” tambah Surya Paloh.

Meskipun demikian, rencana gugatan ke Mahkamah Konstitusi () hanya diambil oleh pasangan nomor urut 3, Pranowo- MD.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024 dengan perolehan suara mencapai 96.214.691. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan- Iskandar mendapatkan 40.971.906 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md meraih 27.040.878 suara. Total surat suara sah mencapai 164.227.475 suara.

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply