Danlanal Nias: Jenazah Alm. Iwan Sutrisman Sedang Menuju ke Nias

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id – Jenazah Almarhum pembunuhan yang dilakukan oleh Serda Adan Aryan Marsal dan Muhamad Alvin Andrian pada tanggal 24/12/2022, sedang dalam perjalanan dari Sawahlunto menuju Nias.

Hal ini disampaikan oleh Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) , .E., M.Tr Hanla., M.M., CHRMP. kepada media MimbarBangsa.co.id yang dihubungi melalui selulernya pada malam hari Rabu (17/4/2024).

Paskah-Sekda-Nias-Selatan-Ikhtiar-Duha

Tonton juga: Sosok Mayat Ditemukan Di Sawahlunto, Diduga Kuat Jasad Iwan S.Telaumbanua

 


“Jenazah almarhum Iwan Sutrisman Telaumbanua sudah ekshumasi dan cek DNA, sekarang sedang dalam perjalanan menuju Sibolga, setelah itu kita seberangkan ke Nias,” kata Danlanal Nias.

Ekshumasi adalah penggalian atau pembongkaran kubur yang dilakukan demi keadilan oleh yang berwenang dan berkepentingan dan selanjutnya mayat tersebut diperiksa secara ilmu kedokteran forensik. Ekshumasi perlu dilakukan ketika dicurigai kematian seseorang dianggap tidak wajar.

Danlanal Nias menambahkan bahwa seluruh biaya untuk proses ini ditanggung oleh .

Seperti diketahui bahwa peristiwa tragis yang dialami oleh Iwan Sutrisman Telaumbanua (21), mantan calon siswa (casis) Bintara TNI AL di Lanal Nias tahun 2022. Iwan dibunuh oleh personel TNI AL bernama Serda Pom Adan Aryan Marsal bersama dengan Muhamad Alvin Andrian (22) lalu mayatnya dibuang di daerah Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Kota Padang, Provinsi pada hari Sabtu (24/12/2022) sore hari.

Informasi ini baru terkuak setelah melapor di Denpom Lanal Nias pada hari Rabu (27/3/2024). Sebelumnya keluarga Iwan merasa ada yang janggal dengan berbagai informasi yang disampaikan oleh Serda Adan Aryan Marsal terkait keberadaan Iwan Sutrisman Telaumbanua yang katanya sedang mengikuti pendidikan militer.

Setelah dilaporkan ke Denpom Lanal Nias, pada hari Kamis (28/3/2024) dini hari, Serda Pom Adan Aryan Marsal mengakui kalau dia bersama temannya Alvin telah menghabisi Iwan Sutrisman Telaumbanua pada tanggal hari Sabtu (24/12/2022).

Mendengar pengakuan tersebut, Danlanal Nias, , S.E., M.Tr Hanla., M.M., CHRMP. langsung memerintahkan anggotanya untuk segera membawa Si Serda Adan Aryan Marsal ke Lantamal II Padang untuk menjalani proses penyelidikan selanjutnya. Akhirnya, pada hari itu juga Serda Adan Aryan Marsal dibawa ke Lantamal II Padang.

Pada malam itu juga, teman Serda Adan Aryan Marsal, Muhammad Alvin diamankan di rumahnya oleh Tim Gabungan dari Lantamal II Padang, , dan Lanal Nias.

Pada hari Minggu (31/3/2024), keluarga korban (Ayah dan adeknya) dikawal oleh personil Lanal Nias menuju Lantamal II Padang untuk dimintai keterangan serta beberapa kegiatan lainnya untuk kepentingan penyelidikan. Termasuk untuk mencocok DNA dengan mayat Mister X yang diduga ada hubungan dengan almarhum Iwan Sutrisman Telaumbanua. Mayat Mister X ditemukan pada tanggal 30 Desember 2024, di tempat di mana jasad Iwan Sutrisman Telaumbanua dibuang.

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply