Mengenal Rosan Roeslani Lebih Dekat, Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran

, MimbarBangsa.co.id – Wakil Badan Usaha Milik Negara (BUMN), , telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju, yang mendukung pasangan -Prabowo dalam pemilihan. Selain menjalankan tugasnya sebagai , Rosan juga memiliki sejarah yang kaya dalam berbagai bidang, termasuk politik dan bisnis, seperti pengalaman sebagai tim sukses dalam kampanye Jokowi-Ma'ruf serta pernah menjabat sebagai Dubes.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kemlu.go.id pada Rabu (25/10/2023), Rosan awalnya dikenal sebagai seorang pengusaha. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dari tahun 2015 hingga 2021. Selama masa kepemimpinannya di KADIN, Rosan dianugerahi gelar Panglima oleh Pemerintah Belgia sebagai bentuk pengakuan atas dan kontribusinya dalam memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.

Lahir pada tanggal 31 Desember 1968 di Jakarta, Rosan memulai karir profesionalnya di sektor keuangan dan wirausaha. Semangatnya dalam bidang ini telah membawanya untuk menduduki berbagai posisi kunci di tahap awal karirnya, seperti sebagai Penasihat Keuangan Asosiasi Koperasi Batik Indonesia (1997-2002) dan Wakil Bendahara Umum (2005-2008).

Pada saat tahun 2019, Rosan juga pernah menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan -Ma'ruf Amin. Selain itu, dia terlibat dalam sejumlah inisiatif strategis pemerintah sebagai perwakilan sektor swasta utama, termasuk sebagai Ketua Satgas Cipta Kerja Omnibus Law Indonesia (2019-2021) dan Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional (BANI) (2019-2021). Rosan juga menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia (MES).

Rosan juga memiliki pengalaman dalam beberapa program besar yang dipimpin pemerintah, seperti menjadi Ketua Misi Kontingen Olimpiade Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 pada tahun 2021, dan Wakil Ketua dalam Komite Respon dan (KPC-PEN) dalam penanganan pandemi COVID-19 (2020-2021). Selain itu, Rosan juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Angkat Besi Indonesia (PABSI) sejak tahun 2015.

Pendidikan formal Rosan mencakup gelar S1 di bidang Keuangan dari Oklahoma State University, Stillwater, Oklahoma, yang ditempuhnya dari tahun 1988 hingga 1992. Ia juga meraih gelar MBA dari European University, Antwerpen, Belgia, yang diselesaikannya antara tahun 1993 dan 1994.

Tidak hanya berkiprah dalam dunia bisnis dan politik, Rosan juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, di mana ia dilantik pada tanggal 25 Oktober 2021. Pada bulan Juli tahun yang sama, Rosan kemudian dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN.

Saat ini, Rosan menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju, yang diperkenalkan oleh Prabowo dalam acara Indonesia Arena di GBK pada Rabu (25/10/2023).

“Yang saya hormati, Bapak Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo dalam acara tersebut.

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply