Peran Vital Media Pers dalam Pembangunan Daerah: Membangun Masyarakat yang Berdaya

Selatan, MimbarBangsa.co.id – Pembangunan suatu daerah memerlukan dukungan yang komprehensif dari berbagai pihak, dan salah satu elemen penting dalam proses tersebut adalah peran media . Dalam artikel ini, kami akan menguraikan secara rinci sepuluh peran kunci media dalam mendukung pembangunan suatu daerah, dengan menyertakan pandangan dari para ahli yang relevan.

 

Paskah-Sekda-Nias-Selatan-Ikhtiar-Duha

Tonton juga: Sosok Mayat Ditemukan Di Sawahlunto, Diduga Kuat Jasad Iwan S.Telaumbanua

 


1. Memberikan Informasi Objektif

Menurut Profesor Joseph E. Uscinski, ahli komunikasi politik dari University of Miami, “Media pers memiliki peran krusial dalam menyediakan informasi objektif kepada masyarakat, terutama terkait dengan proses pembangunan.” Media pers harus memastikan bahwa informasi yang disampaikan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik atau komersial tertentu. Sehingga, masyarakat dapat memperoleh pemahaman yang akurat tentang proyek pembangunan yang sedang dilaksanakan.

 

2. Mengedukasi Masyarakat

Dr. Maria . Ressa, CEO dan pendiri Rappler, menyatakan bahwa “ masyarakat tentang pentingnya pembangunan adalah langkah awal yang krusial dalam menciptakan perubahan.” Media pers memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat tentang tujuan, manfaat, dan tantangan dalam pembangunan suatu daerah. Dengan memperluas wawasan masyarakat, media pers dapat menggerakkan partisipasi aktif dalam upaya pembangunan.

 

3. Mengawasi Kinerja

Profesor Jay Rosen dari New York University menegaskan bahwa “Media pers adalah ‘mata dan telinga' publik yang bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan.” Melalui jurnalisme investigasi dan liputan yang kritis, media pers dapat mengungkapkan kekurangan, penyalahgunaan kekuasaan, atau yang terjadi dalam proyek pembangunan, yang pada gilirannya membantu meningkatkan akuntabilitas pemerintah.

 

4. Mendorong Partisipasi Masyarakat

Dr. Judith Butler, seorang filosof dan teoritikus politik, menekankan bahwa “Partisipasi masyarakat merupakan pijakan bagi demokrasi yang sehat.” Media pers memiliki peran strategis dalam menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Melalui liputan yang mendalam dan advokasi yang berkelanjutan, media pers dapat menginspirasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam proyek-proyek pembangunan yang memengaruhi kehidupan mereka.

 

5. Menyuarakan Aspirasi Masyarakat

Menurut pendapat Profesor Noam Chomsky, seorang ahli linguistik dan aktivis politik, “Media pers harus menjadi suara bagi mereka yang tidak memiliki kekuatan.” Media pers harus menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyuarakan aspirasi, kebutuhan, dan harapan terkait pembangunan. Dengan memberikan platform bagi suara-suara yang kurang terdengar, media pers membantu memastikan bahwa kepentingan rakyat diutamakan dalam proses pembangunan.

 

6. Menyebarkan dan Best Practice

Dr. Muhammad Yunus, penerima Nobel Perdamaian, menekankan pentingnya “mengambil contoh dari inovasi dan praktik terbaik dalam pembangunan.” Melalui liputan tentang inisiatif yang sukses di daerah lain, media pers dapat memperkenalkan solusi-solusi yang inovatif dan efektif kepada masyarakat setempat. Dengan demikian, media pers dapat menjadi agen perubahan yang mendorong adopsi praktik terbaik dalam pembangunan.

 

7. Membangun Kesadaran Lingkungan

Profesor Wangari Maathai, penerima Nobel Perdamaian, menekankan bahwa “Kesadaran lingkungan adalah fondasi bagi pembangunan yang berkelanjutan.” Pers media memiliki peran besar dalam membangun kesadaran lingkungan di masyarakat. Melalui liputan tentang pentingnya pelestarian lingkungan dalam pembangunan, media dapat membantu mengubah perilaku dan kebijakan yang merugikan lingkungan.

 

8. Menghubungkan Antara Pemerintah dan Masyarakat

Dr. Amartya Sen, penerima Nobel , menyoroti pentingnya “komunikasi dan dialog yang efektif antara pemerintah dan masyarakat.” Media pers berperan sebagai perantara yang penting dalam memfasilitasi komunikasi dua arah yang efektif antara pemerintah dan masyarakat. Dengan memperluas ruang bagi wawasan dan aspirasi masyarakat, media dapat membantu menciptakan kebijakan yang lebih inklusif dan responsif.

 

9. Menginformasikan Potensi Lokal

Profesor Jeffrey Sachs, ekonom pembangunan terkemuka, menekankan bahwa “Menggali dan memanfaatkan potensi lokal adalah kunci dalam pembangunan yang berkelanjutan.” Media massa dapat berperan dalam mengidentifikasi dan menginformasikan potensi lokal suatu daerah yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan. Dengan pemberitaan tentang sumber daya alam, , dan keunggulan kompetitif lainnya, pers media dapat membantu masyarakat dan pemerintah lokal memanfaatkan secara optimal potensi yang ada.

 

10. Menciptakan Keterbukaan dan Akuntabilitas

Helen Darbishire, pendiri Access Info Europe, menekankan bahwa “Keterbukaan dan akuntabilitas adalah kunci dalam pengelolaan yang baik.” Media pers memiliki peran penting dalam menciptakan keterbukaan dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana pembangunan. Dengan memberikantakan transparansi dalam penggunaan dana publik dan mengawasi tindakan pemerintah, pers media membantu menjaga agar pembangunan dilaksanakan dengan efisien dan bertanggung jawab.

 

Kesimpulannya, media massa memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pembangunan suatu daerah. Dengan memberikan informasi yang obyektif, mengedukasi masyarakat, mengawasi kinerja pemerintah, dan mendorong partisipasi aktif, pers media membantu membangun masyarakat yang berdaya dan berpartisipasi. (Walas)

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply