HUT Ke-78 TNI, Jokowi Ingatkan TNI Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Jakarta, MimbarBangsa.co.id Joko Widodo () berpesan agar anggota Tentara Nasional Indonesia () menjaga netralitas di . Hal ini diungkapkan Jokowi saat pidato dalam hari ulang tahun (HUT) ke-78 TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (), Kamis (5/10/2023).

Jokowi mengingatkan, saat ini Indonesia tengah memasuki tahun politik. Ia menginginkan TNI menjaga netralitas dan menjaga sinergisitas dengan Polri di 2024.

“Kita kini telah memasuki tahun politik. Saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun, berikan pemahaman kepada bahwa beda pilihan itu wajar, menang dan kalah itu juga wajar,” ucap Jokowi.

“Tetap jaga sinergisitas dengan Polri, dan tetap jaga netralitas TNI dan tetap pelihara watak kesatria. Selalu jadikan sapta marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak,” pungkasnya.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan keterbatasan anggaran untuk penyediaan alat utama sistem persenjataan () bagi TNI.

“Urusan alutsista, memang modernisasi alutsista sangat diperlukan. Namun, keuangan negara, anggaran negara, APBN kita sangat terbatas dan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar, sehingga belanja alutsista harus dilakukan bijak, baik caranya maupun peruntukannya,” ujar Jokowi.

Jokowi ingin modernisasi alutsista harus menjadi bagian dari pengembangan investasi industri dalam negeri.

“Harus didorong transfer , harus didorong peningkatan SDM, dan harus diutamakan produk dalam negeri,” imbuhnya.

“Terkait dengan ini saya minta agar anggaran yang dimiliki karena sulit dalam mengumpulkannya, sulit dalam mendapatkannya, dan merupakan uang dari rakyat, sehingga sebisa mungkin harus dibelanjakan dan harus diputar kembali untuk rakyat,” jelas Jokowi.

 

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply