Isi Pesan Ketua KPK Kepada Cahya Untuk Menegakkan Aturan Kepada Seluruh Pegawai

, MimbarBangsa.co.id —  Cahya Hardianto Harefa melantik 1.269 pegawai yang lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi aparatur sipil negara (ASN). Para itu mengucap sumpah jabatan.

Dalam kesempatan itu Bahuri menyampaikan kata-kata mutiara pada saat pidato di acara pelantikan Sekjen dan Direktur Pencegahan KPK. Firli juga menyampaikan kata bijak ini untuk seluruh pegawai KPK yang dilantik menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Paskah-Sekda-Nias-Selatan-Ikhtiar-Duha

Tonton juga: Sosok Mayat Ditemukan Di Sawahlunto, Diduga Kuat Jasad Iwan S.Telaumbanua

 


“Perkenankan kami menyampaikan beberapa kata bijak sebagai penyemangat kita semua selaku bangsa dalam mengabdikan diri kepada masyarakat,” kata Firli saat berpidato seperti disiarkan langsung di YouTube KPK, Selasa (1/6/2021).

Kata bijak pertama Firli mengatakan bahagia itu bukan berarti memiliki segalanya. Tapi bahagia adalah tidak membandingkan milik kita dengan milik orang lain dan tetap mensyukuri apa pun yang kita miliki.

“Menerima diri sendiri apa adanya adalah awal dari seluruh kebahagiaan,” kata Firli.

Kedua, Firli meminta seluruh pegawai KPK yang dilantik berusaha dan menjadi orang yang berhasil. Ketiga, dia mengingatkan agar para pegawai KPK belajar dari kesalahan.

“Berusahalah, bukan untuk menjadi manusia yang berhasil, tetapi untuk menjadi manusia yang berguna. Manusia sempurna bukanlah manusia yang tanpa berbuat salah, tapi yang biasa dari kesalahannya untuk mencapai kesempurnaan. Ingatlah, Allah selalu memberi kelebihan di balik kekurangan, Allah selalu memberikan kekuatan di balik kelemahan,” katanya.

Terakhir, mantan Kapolda itu mengingatkan, setiap ada risiko. Dia mengingatkan seluruh pegawai KPK berani mengambil risiko apa pun itu.

“Tidak mudah mengambil keputusan karena semua pasti tidak luput dari risiko, tapi risiko paling besar akan ada, etika kita tidak mengambil risiko, the biggest risk is not taking any risk. Situasi memang sulit. Tapi, walaupun kondisi sesulit apa pun, kita harus mengambil pilihan di antara pilihan yang tidak mudah. Situation is very difficult. But although in the most difficult situation, we have choice the alternative good chosen among which is not easier,” tutur Firli.

Firli Menitipkan Pegawai ke Sekjen

Dalam kesempatan ini juga, Firli berpesan ke Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa agar membina pegawai KPK. Firli meminta Cahya bersikap tegas menegakkan aturan ke seluruh pegawai KPK.

“Selamat atas pelantikan sebagai Sekjen, selamat pelantikan sebagai ASN, dan kita berharap Pak Sekjen terus sesuai sumpah jabatan ASN, setia Pancasila dan jalankan peraturan undang-undang selurus-lurusnya. Bapak sebagai Sekjen harus tegas menegakkan seluruh aturan kepada seluruh yang berlaku di KPK,” kata Firli.

Dia juga meminta Cahya menjalankan fungsi Sekjen sebagaimana mestinya. Dia menyerahkan segala aturan berkaitan dengan pegawai KPK kepada Cahya.

“Bapak Sekjen berserta perangkat eselon pejabat struktural dan segenap insan KPK, Bapak adalah pengemban fungsi-fungsi manajemen, mulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksana pengawasan. Selaku Sekjen, Saudara diberi kewenangan dalam bidang administrasi, dalam bidang keuangan, sebagai kuasa pengguna anggaran, dan dalam bidang kepegawaiannya mengelola tata kelola SDM, karena Sekjen pejabat pembina kepegawaian,” ucap Firli.

Pesan Sekjen untuk Pegawai KPK

Selain Firli, Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa, yang juga baru dilantik Firli menjadi ASN, mengajak para pegawai KPK yang baru dilantik kuat untuk bertugas dalam memberantas . Dia juga mengajak pegawai KPK meningkatkan kinerja dalam menunjukkan kepada masyarakat dalam memberantas korupsi di Indonesia.

“Seluruh pegawai KPK yang hari ini telah dilantik menjadi PNS, kiranya dengan momentum menjadi PNS ini, marilah kita maknai untuk lebih mendarmabaktikan pengabdian kita dalam mengemban tugas, mencegah dan memberantas korupsi untuk negara Indonesia yang kita cintai ini,” ujar Cahya.

“Mari kita bekerja dengan komitmen yang kuat dan kita tunjukkan kepada seluruh masyarakat yang menggantungkan harapannya kepada KPK untuk kita bisa berkinerja lebih baik lagi. Konsisten, mengemban amanat rakyat dalam memberantas korupsi,” sambungnya.

Selanjutnya, Cahya mengharuskan para pegawai KPK berperan secara profesional setelah dilantik sebagai ASN. Tak lupa, dia juga mengucapkan selamat para pegawai tersebut karena sudah berhasil menjadi ASN.

“Mari kita jaga bersama kerja yang sudah berjalan dengan baik di KPK ini. Namun tentunya kita juga harus mulai berperan jadi PNS yang profesional, netral, bebas dari intervensi politik, bersih, dan kita menghindari dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. Serta mampu berfungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa,” katanya.

“Selamat menjadi PNS KPK. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberkati kita semua dalam mengemban tugas dan amanah yang baru sebagai PNS. Selamat berkarya dan mengabdi,” imbuhnya.

 

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply