by

Warga Talang Gudang Adakan Acara Doa Bersama di Malam Nisfu Syaban Bersamaan Media Mimbar Bangsa

Muara Enim, Mimbarbangsa.co.id Kegiatan bertajuk “Pelaksanaan Pengajian Rutin Warga Talang Gudang di Malam Nisfu Sya’ban 1442 H” ini terasa begitu khidmat. Kegiatan ini bersamaan dengan silaturahmi Media Mimbarbangsa dengan warga Talang Gudang, Pulau Panggung, Semende Darat Laut, Muara Enim, Minggu (28/03/2021).

Perlu diketahui, Sya’ban yang berada di antara Rajab dan Ramadhan adalah salah satu bulan yang istimewa. Sebab pada bulan ini amalan manusia diangkat kepada Allah SWT.


Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 19.30 WIB bada sholat isya dan dipimpin oleh ustadz ridwan selaku penceramah dari pondok pesantren Al-Haramain.

Kegiatan diawali dengan salat magrib berjamaah lalu dilanjutkan salat hajat berjamaah. Setelah itu membaca Yasin dan pembacaan sholawat serta do’a Nisfu Sya’ban. Kemudian kegiatan terakhir adalah shalat Isya berjamaah di masjid Nurul Iman.

Baca juga :  Miris!!! Setelah Membunuh Kakak Kandung, Pria di Muara Enim Ini Melarikan Diri

Kegiatan kali ini, dihadiri oleh Pemerintah Desa Pulau Panggung yang diwakili oleh Sekdes Apriansyah serta para sesepuh warga Kampung VI Talang Gudang.

Dalam sambutannya, Apriansyah mengatakan agar pentingnya untuk tetap menjaga tali silaturahmi dengan cara memakmurkan Masjid. Apalagi, saat ini telah terbit surat edaran dari Pemerintah Desa Pulau Panggung untuk menyelenggarakan Nisfu Syaban bersamaan disetiap Kampung yang berada di wilayah Desa demi terbentuknya syiar Islam.

Lebih lanjut Wawan Selaku Kepala Dusun (Kadus) Kampung VI, mengatakan kegiatan ini juga merupakan upaya dalam hal ibadah untuk bisa segera bebas dari wabah Covid-19 dan menjadi temu silaturahmi, sekaligus ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terbentuknya bangunan baru Masjid Nurul Iman.

Baca juga :  Menelusuri Jejak Penyebaran Islam di Bumi Tunggu Tubang

“Jadi tidak hanya usaha dari kegiatan-kegiatan kita selama ini untuk mencegah Covid, tetapi juga kita berusaha berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Negeri kita terutama Kampung VI Talang Gudang dapat kembali seperti semula yaitu bebas dari Covid-19” ungkap wawan.

Aldo selaku Perwakilan Media MimbarBangsa Sumsel mengatakan, peran wartawan sangat penting dalam menyebarluaskan informasi, menyaring informasi, serta memberikan inspirasi kepada semua pihak mengingat kedudukan wartawan sangat dekat dan berada di tengah-tengah masyarakat.

“Kita tahu informasi bisa berasal dari pemerintah ke masyarakat tetapi juga datang dari masyarakat ke pemerintah. Banyaknya berita kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat bisa dijadikan acuan pemerintah dalam membuat suatu kebijakan,” kata Aldo.

Ia menambahkan, dengan diadakannya acara Pelaksanaan pengajian rutin malam Nisfu Sya’ban bertepatan dengan silaturahmi Media MimbarBangsa, telah menegaskan simbol kemitraan wartawan sebagai penyambung lidah masyarakat terkait dengan berita di seputar lingkup Talang Gudang.

Baca juga :  Sholat Idul Fitri di Masjid Kecamatan Semendo Boleh, Camat : Prokes Tetap Berlaku

Senada akan hal itu, mahroni warga Talang Gudang, Pulau Panggung, Semendo Darat Laut, Muara Enim berharap kegiatan seperti ini bisa terus terjalin dan menjadi sebuah tradisi keagamaan yang akan berlanjut.

“Ya inilah, menjadi hal baru yang saya harapkan bisa terus berjalan kedepannya pak, apalagi silaturahmi dibarengi kegiatan keagamaan seperti ini sangat penting terus ada sampai selamanya” harap Mahroni.

Di akhir liputan, awak media sempat mengabadikan dengan berfoto serta berbincang bersama warga Talang Gudang yang telah selesai melaksanakan kegiatan Nisfu Syaban di Masjid Nurul Iman.

Liputan : Sueb




Comment