by

Wanita 54 Tahun Turunkan BB 52 Kg Tanpa Diet Khusus

Jakarta, MimbarBangsa.co.id –– Di usianya yang menginjak 54 tahun, Heidi Olson Jones, berhasil mengenakan pakaian renang favoritnya. Betapa tidak, tubuhnya kian ramping berkat penurunan berat badan hingga 52 kilogram.

Kelebihan berat badan membuat Jones terbiasa mengenakan kaus dan celana pendek saat berenang. Sebelumnya, wanita asal Oregon, Amerika Serikat ini memiliki berat badan yang mencapai 140 kilogram. Praktis, berat badan tersebut menempatkannya sebagai salah satu orang dengan obesitas.


“Rasanya sangat enak. Berat badan saya memang belum ideal. Saya tidak akan pernah kurus. Tapi, saya hanya ingin merasa nyaman,” ujar Jones, melansir Today.

Jones memulai perjalanan penurunan berat badannya pada tahun 2018 lalu. “Penurunan berat badan memang tidak cepat. Tapi pon demi pon berat badan perlahan menghilang,” ujarnya.

Berikut strategi sukses Jones menurunkan berat badannya hingga 52 kilogram.

1. Setop konsumsi gula rafinasi

Jones tak mencoba melakoni jenis-jenis diet tertentu. Salah satu yang dia lakukan adalah menyetop konsumsi gula.

“Gula adalah musuh saya,” kata Jones.

Jones sama sekali tak mengonsumsi gula rafinasi. Dia juga kerap meminum kopi tanpa gula dan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula seperti donat, kue, dan biskuit.

Kendati demikian, untuk asupan rasa manis, Jones masih mengonsumsi buah-buahan.

2. Perhatikan porsi

Jones juga mulai memperhatikan porsinya. Hampir semua makanan tetap bisa dia nikmati. Namun, dia memperhatikan berapa banyak kalori yang ada di piringnya.

Untuk sarapan, misalnya, dia mengonsumsi 45 gram oatmeal, 37 gram kacang-kacangan, dan satu buah pisang.

Jones memperkirakan bahwa rata-rata dia mengonsumsi makanan kurang dari 1.800 kalori per hari.

3. Dengarkan isyarat tubuh

Jones berusaha untuk selalu menyadari kapan dirinya merasa lapar dan kapan dirinya merasa kenyang.

4. Cerdas dalam ngemil

Jones juga tetap mengonsumsi camilan di antara waktu makan. Namun, tentu dengan pilihan camilan yang berbeda.

Jones kerap menjadikan kacang edamame sebagai camilan sehat berprotein. Lalu, ada juga popcorn yang bikin kenyang dan menyehatkan.

Jones juga tidak menghindari lemak. Dia tetap menikmati mentega, mayones, dan yogurt dengan lemak.

Jika ingin mengemil sesuatu yang manis, Jones akan mengonsumsi buah segar atau aprikot kering.

5. Sering berjalan kaki

Kebiasaan berjalan kaki ibarat sang penyelamat bagi Jones. Dia mencoba berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam lima hari seminggu.

“Itu membuat saya merasa lebih baik. Itu membuat saya bergerak,” ujar Jones.

Setelah kehilangan begitu banyak berat badan, Jones merasa luar biasa. Kini dia memiliki berat badan 194 pound. Kadar kolesterol turun selama lima tahun terakhir.

“Saya ingin sehat menjadi yang utama. Bisa menggunakan baju renang hanya-lah manfaat tambahan,” pungkas Jones.

 

Sumber: CNN Indonesia

Comment

Related Post