by

Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa Menyampaikan Nota Pengantar Ranperda RPJMD 2021-2026

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — DPRD Nias Selatan gelar Rapat Paripurna penyampaian Nota Pengantar Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Nias Selatan Tahun 2021 – 2026 yang dilaksanakan di Kantor DPRD Nias Selatan, Jl. Saonigeho KM 3 Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (6/10/2021).

Dalam rapat paripurna tersebut Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, S.H., M.H. menyampaikan nota pengantar rancangan Perda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Nias Selatan Tahun 2021 – 2026.

Dalam penyampaian Nota Pengantar, Firman Giawa menyampaikan bahwa penyusunan RPJMD Kabupaten Nias Selatan tahun 2021 – 2026 telah melalui tahapan forum konsultasi publik rancangan awal, pembahasan dan kesepakatan terhadap rancangan awal RPJMD di lembaga DPRD, konsultasi rancangan awal rpjmd dengan pemerintah provinsi melalui Bappeda Provinsi Sumatera Utara, dan terakhir pelaksanaan Musrenbang RPJMD.

Tahapan berikutnya adalah pembahasan rancangan Perda tentang rpjmd kabupaten Nias Selatan tahun 2021 2026 di DPRD Nias Selatan.

Firman Giawa juga menjelaskan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun yang disusun dengan berpedoman pada rpjmd RTRW dan RPJMN.

Visi pembangunan Nias Selatan 5 tahun yang akan datang adalah ‘Nias Selatan Maju, Masyarakat Sejahtera’ yang kemudian dijabarkan dalam 5 misi berikut ini:
1. Menciptakan kultur serta karakter yang bersih jujur, transparan dan berorientasi pada pelayanan.
2. Pemerataan pembangunan dengan skala prioritas.
3. Meningkatkan sumber daya manusia yang sehat, berkualitas dan berdaya saing serta kreatif dan inovatif.
4. Mengembangkan perekonomian masyarakat yang produktif dan tidak konsumtif.
5. Memberi rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.

Wakil Bupati Nias Selatan juga menyampaikan rumusan tujuan, sasaran dan strategi pembangunan yang kemas dalam 10 strategi:
1. Peningkatan kapasitas dan akuntabilitas pegawai.
2. Penguatan kelembagaan yang akuntabel, efektif, efisien dan transparan.
3. Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan merata di setiap wilayah.
4. Meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan pendidikan.
5. Meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan kesehatan.
6. Mengembangkan potensi pariwisata, pertanian dan perikanan menjadi sektor unggulan penggerak ekonomi daerah.
7. Memfasilitasi penyediaan lapangan pekerjaan untuk menurunkan angka pengangguran.
8. Mengembangkan produk lokal UMKM guna percepatan pemulihan ekonomi masyarakat.
9. Memelihara ketentraman dan ketertiban umum.
10. Meningkatkan kesiap siagaan daerah dalam penanggulangan kebencanaan.

Firman Giawa berharap kiranya melalui perumusan tujuan, sasaran dan strategi pembangunan jangka menengah yang komprehensif permasalahan pembangunan daerah terselesaikan secara efektif dan efisien menuju “Nias Selatan maju, masyarakat sejahtera”.

Comment

Related Post