by

Waka Polri Ajak Mahasiswa Lawan Lawan Politik Pemecah Belah Bangsa

-Berita-54 views

JAKARTA, MIMBAR BANGSAWaka Polri, Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi mengajak para mashasiswa untuk melawan politik identitas. Pasalnya, tindakan tersebut berpotensi memecah belah bangsa.

“Ini tentu saja dapat menganggu demokrasi di Indonesia. Maksimalkan dan eksplorasi kemampuan kalian sebagai bentuk perlawanan terhadap politisasi identitas,” tegas Irjen Pol Gatot dalam keterangannya, Rabu (11/03/2020).

Belakangan memang Indonesia tengah diterpa persoalan penuh tendensi dan akhirnya bermuara pada persoalan identitas yang dipolitisasi. Namun, Waka Polri menyatakan bahwa masih banyak cara untuk mencegah politik identitas tersebut.

“Caranya dengan menjaga demokrasi dalam kebhinnekaan. Sehingga demokrasi tidak diartikan kebebasan yang sebebas-bebasnya. Tetapi kebebasan yang taat terhadap rule of law,” ujarnya.

Jenderal Bintang Tiga itu pun meminta kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk mahasiswa supaya tak terjebak dalam politisasi identitas itu. Karenanya, ia menghimbau agar mahasiswa yang memiliki pemahaman lebih berberan menjaga NKRI.

“Para mahasiswa dan mahasiswi punya tanggung jawab yaitu menjalankan peran sebagai guardian of value, menjaga nilai-nilai kebhinnekaan dan Pancasila, serta akar persatuan dan kesatuan dijaga,” tegas Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi mengakhiri.

TIM


Comment