by

Visi dan Misi Pasangan “ELMAR”, Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Barat Periode 2021-2025


Nias Barat, Mimbar BangsaUntuk menciptakan daya tarik bagi masyarakat Nias Barat, sekaligus juga untuk memikat hati rakyat dalam hal memberi dukungan dan hak pilih pada tanggal 09 Desember 2020 nantinya.


Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si., yang berpasangan dengan Mareko Zebua, SH., disingkat dengan “ELMAR” membeberkan berbagai program pro-rakyat yang tertuang dalam Visi dan Misinya sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Barat Periode 2021-2025.

Dengan Visi “Nias Barat Bangkit, Inovatif dan Mandiri

Dan Misi sebanyak 5 poin. Yakni, “1.Mewujudkan penyedian layanan infrastruktur dasar dan strategis. 2.Mewujudkan reformasi birokrasi pemerintahan yang bersih, melayani dan inovatif. 3.Meningkatakan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu dan terjangkau. 4.Menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat yang berbasis ekonomi kerakyatan dan 5.Pengembangan potensi wisata berbasis desa mandiri pariwisata“.

Jika nantinya di beri kepercayaan dan amanat oleh masyarakat Nias Barat memenangkan Pilkada ini. Maka, untuk mewujudkan Visi dan Misi diatas Pasangan “ELMAR” akan fokus pada prioritas program pembangunan yang langsung dirasakan dan menyentuh masyarakat Nias Barat.

Ada pun 18 poin tersebut, yakni; 1. Pembangunan sarana air bersih. 2. Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta pembangunan jalan baru atau jalan alternatif menuju bandara binaka.                   3. Pembangunan sarana dan prasarana persampahan. 4. Penerapan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel dan peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan daerah serta sistem perencanaan pembangunan daerah.   5. Peningkatan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN). 6. Peningkatan kuota beasiswa bagi siswa yang berprestasi. 7. Penambahan tenaga pendidik dengan formasi CPNS dan guru daerah.             8. Membangun sekolah unggulan di Ibukota Kabupaten dan kelas unggulan di Ibukota Kecamatan. 9. Peningkatan layanan kesehatan 24 Jam kepada seluruh masyarakat berbasis teknologi informasi. 10. Pemberian layanan Ambulance gratis salama 24 Jam bagi masyarakat yang membutuhkan berbasis teknologi informasi. 11. Peningkatan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat untuk mendapatkan kartu Jamkesmas dan Jamkesda. 12. Menurunkan angka anak stuting, gizi buruk, angka kematian ibu hamil dan bayi serta wabah penyakit menular. 13. Peningkatan produksi, produktifitas dan harga hasil pertanian, perkebunan, peternakan, kelauatan dan perikanan (pemberian bibit, benih, pupuk, alsintan, kapal motor nelayan, teknologi penangkapan ikan dan pengelolaan pasca panen).                14. Penerapan teknologi bidang pertanian, perkebuanan, peternakan, kelautan dan perikanan. 15. Pengembangan UKM yang berbasis unggulan wilayah dan penguatan lembaga usaha masyarakat (Koperasi, UKM, Bumdes, permodalan, pemasaran, keterampilan dan pemanfaatan informasi teknologi). 16. Pembangunan dan penataan sarana prasarana pasar tradisional dan pasar modern. 17. Pembangunan Desa-Desa yang memiliki potensi kepariwisataan Daerah. 18. Penataan kawasan-kawasan tujuan wisata daerah. (Agusrama Laia)


Comment