by

Vaksin hingga Isu Myanmar, Ini 6 Perjanjian Utama yang Dibawa Menlu Inggris Dominic Raab ke RI

-DUNIA-142 views

Jakarta, Mimbarbangsa.co.id – Dalam kunjungannya ke Tanah Air, Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengatakan bahwa Inggris sangat menghargai persahabatan Indonesia dan memiliki ambisi untuk hubungan yang lebih kuat di masa depan.

Raab mengatakan bahwa hubungan yang dibangun adalah “kemitraan berdasarkan rasa hormat dan kesamaan kepentingan dan tujuan”, demikian disebutkan dalam rilis yang diterima dari Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Jumat (9/4/2021).


Menlu Raab juga menegaskan bahwa Tinjauan Terpadu (Integrated Review) adalah artikulasi paling komprehensif dari kebijakan luar negeri Inggris untuk satu generasi – “menetapkan visi Inggris di dunia – serta menempatkan Indo-Pasifik di tengahnya, dan Indonesia berada di jantung visi tersebut.”

Sebuah kerja sama baru telah disepakati melalui Forum Kemitraan yang diumumkan dalam Pernyataan Bersama.

Melalui implementasi kesepakatan ini, Inggris dan Indonesia tentunya akan mencapai tujuan untuk membawa hubungan ke tingkat selanjutnya.

Berikut sejumlah perjanjian utama yang dihasilkan:

1. Kerja sama kesehatan dan vaksin

Komitmen bersama untuk memastikan distribusi vaksin COVID-19 yang adil, terjangkau dan merata.

2. Ekonomi dan Perdagangan

Pembiayaan Ekspor Inggris (UK Export Finance – UKEF) dapat mendukung Pemerintah Indonesia dengan pembiayaan jangka panjang yang sangat kompetitif (hingga £4 miliar) dalam mencapai tujuan pembangunannya.

3. Keamanan

Comment

Related Post