by

Universitas Nias Raya, Terobosan Baru Pendidikan di Pulau Nias

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Nias, saat ini sebuah Universitas telah ada di Kepulauan Nias, tepatnya berada di Nias Selatan, Senin, 06/09/2021.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) mengeluarkan surat dengan penetapan penggabungan tiga Institusi yaitu STKIP, STIH, dan STIE yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Nias Selatan, menjadi Universitas Nias Raya (UNIRAYA)

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek), melalui Dirjen Pendidikan tinggi menetapkan Universitas Nias Raya dengan Nomor Penetapan 363/E/O/2021, pada tanggal 21 Juli 2021 dan ditandatangani oleh Nizam.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nias Selatan, Martiman Sarumaha.

“Benar, ketiga Institusi yaitu STKIP, STIH, dan STIE telah digabungkan menjadi Universitas Nias Raya tertanggal 21 Juli 2021 dengan Nomor Penetapan 363/E/O/2021. Jadi mulai saat ini, Mahasiswa, Dosen, maupun Civitas Akademik sudah berhak menggunakan nama Universitas Nias Raya (UNIRAYA),” ungkap Martiman Sarumaha kepada media Mimbarbangsa.co.id, Senin (6/9/2021).

Universitas Nias Raya merupakan Universitas pertama yang berdiri di Kepulauan Nias. Keberadaan Universitas Nias Raya menjadi wujud dari Undang – Undang bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

Martiman Sarumaha sebagai Ketua STKIP berharap, dengan adanya Universitas di Kepulauan Nias, maka dapat mendorong masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi di UNIRAYA.

Meskipun ketiga institusi telah digabungkan, namun hingga saat ini belum ada perubahan pembayaran uang kuliah. Tetapi hal ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan dari Perguruan Tinggi.

“Biaya kuliah masih sama sesuai dengan surat keputusan sebelumnya. Perubahan uang kuliah itu harus sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku. Namun hal ini dapat berubah sesuai dengan kebutuhan Perguruan Tinggi.” Ujarnya.

Comment

Related Post