by

Ujian GTTD Nias Selatan Dibuka, Sekda Ingatkan Untuk Tidak Pungli

Nias Selatan, Mimbar Bangsa Ujian seleksi penerimaan Guru Tidak Tetap Daerah (GTTD) Nias Selatan (Nisel) dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Nias Selatan, Ikhtiar Duha.

Pembukaan ujian seleksi dilaksanakan di Lapangan SMP Negeri 1 Teluk Dalam, Jalan RA. Kartini No. 20-A, Rabu (3/2/2021).


Melalui laporannya, Kepala Dinas Pendidikan Nisel, Nurhayati Telaumbanua menyampaikan, tema dalam perekrutan GTTD itu, adalah “Peningkatan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Nias Selatan”.

Nurhayati menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan perekrutan GTTD itu, berdasarkan DPA Dinas Pendidikan Nias Selatan 2021 tentang gaji Guru Tidak Tetap Daerah.

Baca juga :  Berikut 16 Adegan Rekontruksi Pembunuhan Siswi Terimakasih Laia

Perekrutan GTTD itu, katanya, dimulai pendaftaran sejak 12 -22 Januari 2021, sementara wilayah di Kepulauan Tello dimulai tanggal 23 – 26 Januari 2021.

“Pelaksanaan ujian tertulis dan wawancara untuk wilayah 28 Kecamatan (Daratan) dimulai hari ini tanggal 3 Februari 2021 sampai 8 Maret 2021, sementara di Kepulauan telah dilaksanakan pada 27 Januari 2021 yang lalu,” tegasnya.

Ia menambahkan, jumlah pelamar sejak dibuka pendaftaran mulai dari tingkat SD – SMP, berjumlah 6.657 orang dan pelamar di Kepulauan sebanyak 743 orang.

Baca juga :  Bupati Nias Selatan dan Kapolres Nias Selatan Pimpin Penyemprotan Disenfektan di Telukdalam

“Hasil ujian seleksi akan diumumkan pada tanggal 26 Maret 2021 mendatang,” imbuhnya.

Mewakili Bupati Nias Selatan, Sekretaris Daerah  Ikhtiar Duha menyampaikan bahwa sebenarnya Pemerintah Daerah Nias Selatan ingin mengakomodir semua peserta yang mendaftar, namun  karena keterbatasan anggaran daerah, sehingga membuat sulit untuk mengakomodir 6.657 peserta.

Bahkan, akan ada refocusing anggaran daerah setidaknya 4 persen untuk mendukung  program vaksinasi Covid-19 yang diambil dari dana DAU dan DBH.

Selain itu, ia juga meminta pelamar agar tidak menghubungi para panitia untuk diluluskan pada seleksi.

Baca juga :  Gubernur Sumatera Utara Menghunjuk Ir. Ikhtiar Duha, M.M. Sebagai PLH Bupati Nias Selatan

“Karena, ini tidak ada pungutan, apalagi kita telah diingatkan oleh pihak cyber pungli. Barang siapa yang kedapatan, maka anda sendiri yang bertanggung jawab, baik pemberi maupun penerima,” tegasnya.

Menurut Sekda, yang diandalkan di sini adalah mutu, dan Sekda meyakini bahwa para peserta telah punya persiapan belajar sebelum mengikuti ujian.

“Kalau menang rejeki kita lulus, pasti lulus, tapi kalau belum berarti cita – cita kita masih tertunda,” tuturnya. (RG/Red.)




Comment