by

Tinjau Kampung Tangguh Nusantara, Kapolresta Tangerang Dorong Peningkatan Budidamber


 

Tangerang, Mimbar Bangsa Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali dikembalikan Kampung Tangguh Nusantara. Kali ini, ia meluncurkan Kampung Tangguh Nusantara di Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Selasa (21/7/2020).

Dalam kunjungannya kali ini, Ade mendorong masyarakat untuk meningkatkan kreativitas dan pemberdayaan di bidang budidaya ikan dalam bara (budidamber). Kata dia, budidamber dapat dilakukan oleh setiap warga karena relatif tidak memerlukan lahan ukuran besar.

“Budidaya ikan dalam bara atau budidamber bisa dilakukan semua warga, bahkan yang tidak memiliki lahan kosong,” kata Ade.

Dia menambahkan, ilmu atau tutorial budidaya ikan dalam bara agar disebarluaskan. Pimpinan Polresta Tangerang ini ingin, semua elemen masyarakat bergerak dan berdaya dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.

“Selain memanfaatkan lahan tidur, kita juga bisa memanfaatkan berbagai media untuk beternak atau bercocok tanam hidroponik. Poinnya, kita harus kreatif dan gotong-royong, ”katanya.

Dia menambahkan, Kampung Tangguh Nusantara meminta bantuan masyarakat untuk mencegah Penularan Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan. Kata dia, saat ini di masyarakat harus ada yang menggunakan topeng, harus ada yang memakai topeng, ada yang harus, dan yang tidak ada yang rajin.

Di samping itu, Kampung Tangguh Nusantara juga dapat difungsikan sebagai sarana yang memperkuat ketahanan pangan sebagai bagian dari peningkatan ekonomi. Lahan tidur atau media lainnya, kata dia, digunakannya dimanfaatkan untuk usaha agro atau ternak. Dengan demikian, masyarakat dapat bertahan di tengah pandemi.

“Harapan kita ilmu dan keterampilan disebarluaskan agar dapat membantu ketahanan pangan sehingga masyarakat dapat mandiri dan berdaya,” tandasnya. (FN)


Comment

Related Post