by

Tim Nakes Lanal Nias Kebut Vaksin Di Pulau-Pulau Terluar Pulau Nias

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Dalam rangka kebut vaksinasi terhadap masyarakat maritim di kawasan Pulau-pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan, tenaga kesehatan Lanal Nias yang dipimpin oleh Letda Laut (K) dr. Muhammad Agung Bhagaskoro Hardiyan Saputra beserta dua orang anggota Balai Pengobatan Lanal Nias bekerja sama dengan Nakes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan sebanyak 13 orang dan dibantu oleh Surfaid Indonesia melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat maritim.

Pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat maritim kali ini adalah di pulau Hibala, Kabupaten Nias Selatan. Ada tiga tempat pelaksanaan vaksinasi, yaitu di SMP Negeri 2 Hibala, Balai Desa Hilinifaese dan Puskesmas Hibala. Sasaran vaksinasi terhadap masyarakat maritim tersebut adalah yang berusia di atas 18 tahun.

Untuk melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat maritim di kawasan kepulauan Nias Selatan diperlukan perjuangan yang tidak mudah. Dengan cuaca dan gelombang laut yang sering berubah-ubah tidak menyurutkan niat dan semangat Tim Vaksinasi dalam melaksanakan tugasnya demi membantu masyarakat maritim untuk mendapatkan vaksinasi.

Menurut Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, kegiatan ini dilakukan sebagai implementasi dari instruksi pemerintah dalam percepatan vaksinasi. Untuk menjangkau pulau-pulau terluar tersebut petugas vaksinator harus menempuh waktu berhari-hari. Semua itu dilakukan agar masyarakat maritim bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19

Vaksinasi yang dilakukan di pulau Hibala itu ditargetkan sebanyak 100 orang. Warga masyarakat yang mendaftar adalah sebanyak 142 orang, yang tervaksin sebanyak 137 orang dan yang tertunda sebanyak 5 orang.

Adapun vaksin yang digunakkan adalah Dosis I Sinovac sebanyak 65 orang. Dosis II Sinovac sebanyak 15 orang, Dosis I Astra Zeneca sebanyak 57 orang dan Dosis II Astra Zeneca nihil. Serbuan vaksinasi tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan sesuai prosedur.

Comment

Related Post