by

Tanaman Hias yang Berbahaya bagi Manusia dan Hewan

Jakarta, Mimbar Bangsa – Tanaman hias yang bercorak eksotis kini sering ditemui di dalam maupun di dalam ruangan. Banyak juga tanaman hias yang memberikan percikan warna indah untuk melengkapi dekorasi rumah Anda.

Beberapa tanaman hias berbahaya yang dapat mengancam kesehatan manusia dan hewan peliharaan Anda. Berikut 10 tanaman hias yang sebaiknya dijauhkan dari anak-anak khususnya dan hewan peliharaan:


1. Bunga Lili

Tanaman hias pertama yang berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan adalah Bunga Lili yang identik ketika Hari Paskah tiba.

Daunnya yang gelap, bunganya yang putih, dan perawatannya yang terbilang cukup mudah, menjadikan bunga Lili ini populer di kalangan para pencinta tanaman.

Namun, seperti dikutip The Spurce, bunga Lili akan sangat berbahaya jika dikonsumsi bunganya karena sangat beracun. Maka dari itu disarankan untuk ditaruh di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak ataupun hewan peliharaan Anda.

Baca juga :  Mengenal Happy Bean, Tanaman Hias yang Diprediksi Populer Tahun Ini

2. Sirih gading

Sirih gading atau juga disebut Devil’s Ivy biasanya diletakkan di dalam ruangan sebagai tanaman hias karena daunnya yang beraneka ragam, mudah dirawat, dan memiliki kemampuan untuk memurnikan udara.

Menelan sirih gading dalam jumlah kecil hanya menimbulkan sedikit bahaya bagi manusia, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat serius.

Anak-anak maupun orang dewasa yang mengonsumsi sirih gading akan merasakan mual, sakit perut, mulut terbakar, iritasi pada kulit, dan pembengkakan pada bibir, lidah, serta tenggorokan.

Sementara untuk hewan peliharaan, reaksi yang ditimbulkan adalah kesulitan bernapas, pembengkakan pada mulut dan lidah, gagal ginjal bahkan kematian, seperti dikutip Gardening Channel.

3. Philodendron

Tanaman hias yang berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan selanjutnya ialah Philodendron.Tanaman asal hutan tropis Amerika ini mudah dirawat, asalkan ditanam di media gembur dan diletakkan di tempat teduh.

Baca juga :  Mengenal Happy Bean, Tanaman Hias yang Diprediksi Populer Tahun Ini

Bentuk daun tanaman ini bermacam-macam, ada yang lonjong berujung lancip, bentuk hati atau jantung, mirip gergaji atau daun pepaya.

Philondendron memiliki salah satu zat yang bermanfaat untuk menyerap polusi yaitu zat polutan. Zat polutan yang tersebut bernama ‘formaldehid‘ yang biasa terdapat pada bahan busa dan partikel debu pada bahan karpet,yang dalam jumlah banyak akan merugikan kesehatan serta berpotensi mengakibatkan kanker.

Melalui pemanfaatan tanaman Philodendron sebagai tanaman indoor, dapat menyerap zat polusi tersebut.

Mungkin tanaman hias ini salah satu tanaman hias paling umum di dunia karena mudah untuk dirawat tetapi juga beracun. Sebab, Philodendron mengandung kristal kalsium oksalat yang membahayakan bagi manusia dan hewan.

Jika tanaman hias ini tidak sengaja termakan oleh manusia ataupun hewan, bakal menimbulkan efek antara lain pembengkakan di mulut, mengganggu saluran pencernaan, dermatitis bahkan kematian.

Baca juga :  Mengenal Happy Bean, Tanaman Hias yang Diprediksi Populer Tahun Ini

4. Sago Palm atau Rumbia

Tanaman hias yang agak berduri ini bisa menjadi sentuhan yang menarik untuk ditaruh di dalam ruangan karena disebut-sebut bisa mengubah kualitas udara.

Kendati demikian, salah satu senjata Sago Palm ialah racun yang ada di setiap elemen tubuh mereka.

Jika tidak sengaja tertelan oleh manusia atau hewan peliharaan, maka dapat menyebabkan muntah-muntah, diare bahkan gagal hati.

5. Tanaman Arrowhead

Tanaman hias ini sangat cocok jika ditaruh di dalam ruangan karena pola warna pada daunnya yang unik tetapi Anda perlu mempertimbangkan kembali jika ingin memelihara tanaman hias Arrowhead.

Sebab, getah tanaman Arrowhead sangat beracun dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan muntah-muntah. Maka sangat disarankan untuk lebih hati-hati dalam menempatkan tanaman hias jenis ini di dalam ruangan.




Comment