by

Tak Terima BLT DD, Warga Desa Mehaga ini Lapor ke Kejari Nias Selatan


Nias Selatan, Mimbar Bangsa Pada hari ini Rabu 3/6/2020
Salah satu warga Desa Mehaga atas nama Medisa Laia anak dari ibu Adimira Telaumbanua seorang janda(suami telah meninggal dunia), melapor di Kejaksaan Negeri Nias Selatan, yang didampingi oleh LSM Gempita Nias Selatan dan seorang tokoh pemuda Kecamatan Somambawa Liatulo Telaumbanua.

Dalam hal ini Medisa Laia telah memberi pernyataan dan meminta kepada LSM Gempita Nias Selatan agar mendampinginya melaporkan
ketidakadilan sosial yang mereka alami di Desa Mehaga.

Medisa Laia bersama LSM Gempita Nias Selatan membuat laporan tertulis kepada Bapak Kajari Nias Selatan, Bapak Bupati Nias Selatan, Bapak Kapolres Nias Selatan, dan beberapa instansi lainnya.

Dalam laporannya, Medisa Laia menjelaskan bahwa mereka belum pernah menerima PKH, BPNT, Kartu Prakerja yang menjadi syarat tidak menerima BLT Dana Desa.

Namun demikian, Kepala Desa Mehaga atas nama Yefita Laia tidak menjadikan mereka sebagai salah satu yang menjadi penerima BLT Dana Desa. Pada hal, mereka merupakan anak yatim yang hidup di bawah naungan ibunya yang saat ini sedang mencari nafkah di Brastagi.

Mendengar informasi adanya warga yang tidak menerima haknya, Lsm Gempita langsung mengonfirmasi kepada Kepala Desa Mehaga dan kepada Camat Somambawa Fatizamuala Telaumbanua. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Desa Mehaga Yefita Laia berjanji akan mencari solusi agar keluarga Amira Telaumbanua bisa menerima BLT Dana Desa, namun sampai hari ini tidak ada kebijakkan yang pasti.

Melalui Kasi Pidum, Solidaritas Telaumbanua, Kajari Nias Selatan menyampaikan turut prihatin dengan keadaan yang dialami oleh keluarga Medisa Laia dan sebagai langkah selanjutnya adalah Kejari Nias Selatan akan menyurati Pemda Nias Selatan untuk mencari tahu penyebab keluarga Medisa Laia tidak terdaftar sebagai penerima BLT Dana Desa di Mehaga.

Ketua LSM Gempita Nias Selatan, Waoli Lase dan Saronihaogo Telaumbanua sebagai Wakil Ketua, berterima kasih dan mengapresiasi perhatian Bapak Kajari dan pak Kasi Pidum dalam menangani laporan masyarakat Desa Mehaga tersebut.

Terlebih-lebih Medisa Laia sangat bersyukur dan berterima kasih karena keluhannya diperhatikan oleh pak Kajari dan beberapa instansi lainnya. Harapannya semoga haknya sebagai warga Desa Mehaga dan warga NKRI segera diterimanya.

Sar. Telaumbanua


Comment