by

Stok Vaksin Terbatas, Kemkes: Sasaran Vaksinasi Sesuai Prioritas

Jakarta, Mimbarbangsa.co.id Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, stok vaksin Covid-19 yang ada saat ini digunakan sesuai skala prioritas. Yang menjadi prioritas saat ini adalah tenaga kesehatan (nakes), petugas pelayanan publik, dan kelompok lansia.

“Stok vaksin memang harus digunakan sesuai prioritas karena memang jumlahnya vaksin belum tersedia sepenuhnya untuk 40 juta sasaran,” kata Nadia, Rabu (24/3/2021).


Nadia menyebutkan, sebagian stok vaksin saat ini masih diproduksi oleh PT Bio Farma. Selain itu, sedang menunggu bulk atau bahan baku dari Sinovac untuk pengiriman tahap berikutnya.

Sementara itu, secara terpisah, Juru Bicara sekaligus Sekretaris Perusahaan Bio Farma, Bambang Heriyanto mengatakan, per 23 Maret 2021, Bio Farma sudah memproduksi 24 bets atau 24 juta dosis dari target 30 bets vaksin Sinovac sudah diterima Bio Farma.

Bambang menuturkan, proses produksi untuk 30 bets ini dijadwalkan hingga 3 April 2021. Namun, dari vaksin sudah diproduksi yang sudah mendapatkan proses pelulusan produk atau lot release dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ada 17 bets atau 17 juta dosis.

Bambang menuturkan, sebagian vaksin yang telah mendapatkan lot release dari BPOM telah didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia.

“Dari 17 juta dosis ini yang sudah didistribusikan sebanyak 16.469.040 dosis,” kata Bambang, Rabu (24/3/2021).

Selanjutnya, selain vaksin Sinovac, Bambang juga mengatakan, Bio Farma juga telah mendistribusikan 830.640 dosis vaksin Astrazeneca ke provinsi sesuai arahan oleh Kemkes. Sebagaimana diketahui, stok vaksin saat ini untuk vaksinasi nakes, kelompok lansia, dan petugas pelayanan publik dalam program vaksinasi nasional.

 

Sumber: BeritaSatu.com

Comment

Related Post