by

Siapkan Bom, 13 Terduga Teroris Ditangkap di Makassar, Bima, dan Jakarta

Jakarta, Mimbarbangsa.co.id Polisi begerak cepat pascapengeboman di Makassar yang terjadi pada Minggu (28/3/2021) pagi. Ada empat orang kaki tangan komplotan ini yang dibekuk di Makassar, empat di Jakarta dan sekitarnya, serta lima orang di NTB.

“Sampai hari ini kita sudah amankan empat orang tersangka yaitu AS, SAS, MR, dan AA (di Makassar). Masing-masing perannya bersama-sama dengan L dan YSF mereka ada dalam satu kelompok kajian Villa Mutiara namanya,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangannya Senin (29/3/2021).


Baca juga :  Densus 88 Geledah Tempat Kos Pelaku Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar

Di mana mereka masing-masing memiliki peran mulai dari memberikan doktrin dan mempersiapkan rencana untuk jihad. Juga berperan membeli bahan yang akan digunakan sebagai alat untuk melakukan bom bunuh diri.

Di saat yang sama, Densus 88/Antiteror yang ada di Jakarta juga telah mengamankan 4 orang dengan identitas ZA, AA, AJ, dan DS. Dimana dari hasil penangkapan kemudian dilakukan penggeledahan di Bekasi dan Condet (Jaktim).

“Kita temukan barang bukti lima bom aktif jenis bom sumbu yang siap digunakan, kemudian 5 toples besar yang di dalamnya berisi aseton, H2O2, HCL, sulfur dan termometer yang bahan-bahan ini akan diolah menjadi bahan peledak,” urai Sigit.

Baca juga :  Breaking News: Terobos Mabes Polri, Terduga Teroris Ditembak Mati

Jumlahnya kurang lebih 4 kilogram. Kemudian ditemukan bahan peledak yang sudah jadi jenis TATP atau bom mother of satan dengan jumlah 1,5 kg.

“Saat ini mereka sudah kita amankan, perannya masing-masing ada yang membeli bahan, ada yang mengajarkan, ada juga yang membuat bahan peledak dan yang siap menggunakan bahan tersebut. Jadi saat ini tim Satgas di Jakarta terus mengembangkan untuk penangkapan pelaku-pelaku yang lain,” lanjutnya.

Baca juga :  Kelompok Teroris Makassar Terdiri dari Berbagai Ideologi yang Dipersatukan ISIS

Di sisi lain, terkait dengan kelompok Jamaah Ansharu Daulah (JAD), masih kata Sigit, hari ini bertambah 1 orang lagi ditangkap di NTB sehingga total 5 pelaku teroris kelompok JAD Mataram-Bima yang sudah diamankan.

Polisi terus mengembangkan kasus ini. Sigit mengimbau, masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Ia menjanjikan masalah teroris akan diusut tuntas.

 

Sumber: BeritaSatu.com




Comment