by

Senyuman Dapat Tingkatkan Imun Tubuh Hingga Redakan Stres

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Senyuman membuat seseorang terlihat lebih menarik. Satu senyuman juga bisa membuat dunia terasa lebih damai.

Satu hari setiap tahunnya, tepatnya di Jumat pertama bulan Oktober, Hari Senyum Sedunia atau World Smile Day dirayakan.

Perayaan Hari Senyum Sedunia tahun ini mengambil tema yang berkaitan dengan betapa pentingnya melakukan kebaikan untuk membantu orang lain tersenyum. “Do an act of kindness. Help one person smile (Lakukan kebaikan, bantu satu orang tersenyum),” seperti dikutip Firstpost.

Perayaan Hari Senyum Sedunia pertama kali dimulai oleh pebisnis dan seniman asal Worcester di Massachusetts, Harvey Ball.

Mengutip dari laman Awareness Days, Ball pertama kali membuat karya berupa wajah tersenyum atau Smile Face pada 1963. Namun, baru pada 1999 Hari Senyum Sedunia ditetapkan secara resmi dan menjadi tradisi perayaan tahunan.

Kemudian pada 2001, sebuah yayasan dibuat untuk mengenang Harvey. Yayasan itu dikenal sebagai Smile Foundation Harvey Ball. Yayasan tersebut hingga saat ini pun aktif melanjutkan warisan Ball berupa perayaan World Smile Day setiap tahunnya.

Manfaat tersenyum

Banyak orang meremehkan senyuman. Padahal, senyuman bisa memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain, misalnya merasa lebih bahagia.

Anda pun tak perlu bersusah payah untuk memberi atau mendapatkan senyuman. Cukup dengan berbuat baik. Di samping itu, senyuman juga dipercaya memiliki sejumlah manfaat lain. Apa saja?

Berikut manfaat tersenyum yang bisa Anda dapatkan

1. Tingkatkan imun

Tersenyum dipercaya membuat Anda rileks. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab tersenyum mampu menenangkan otot wajah.

Tak hanya itu, senyuman juga dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari dari perasaan cemas.

2. Menenangkan pikiran

Senyuman dipercaya bisa meningkatkan aktivitas mental. Hal ini bisa mengurangi ketegangan dan mengarahkan pikiran ke arah yang lebih positif.

3. Awet muda

Saat tersenyum Anda terlihat lebih bahagia. Wajah bahagia terlihat lebih cerah dan lebih muda daripada wajah sedih dan kusam.

Sebuah studi menunjukkan, tersenyum bisa melatih otot-otot di sekitar mulut dan bibir dan mencegahnya kendur dan keriput.

4. Kesehatan jantung

Tersenyum telah terbukti menurunkan detak jantung seseorang dan juga menjaga tekanan darah seseorang tetap terkendali.

5. Kurangi stres

Tersenyum melepaskan serotonin dan dopamin dalam tubuh seseorang. Hormon-hormon ini mengendalikan tingkat kebahagiaan Anda dengan mengurangi stres.

Comment