by

Sekda Hardiono Hadiri Raker Ke-3, Insan Jurnalis Harus Kredibel


Depok, MimbarBangsa.co.id — Pembangunan pemerintah (Pemkot) Kota Depok terus menggeliat dan menunjukkan esistensi terhadap perkembangan dimana Sekber Wartawan Kota Depok dalam memberikan warna serta proaktif pada Kota Depok. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono ketika menghadiri dalam penutupan Rapat Kerja (Raker) III Sekber Wartawan Kota Depok, di ruang pertemuan Duta Futsal, Bakti jaya, Kota Depok, Kamis (17/12/2020).

Menurut Sekda Kota Depok Hardiono, mengatakan, Raker merupakan sarana menyusun dan mencapai tujuan bersama yang terintegrasi. Dikatakannya, dengan adanya raker, maka dari peran jurnalisnya di Kota Depok, Sekber harus lebih responsif dan aktif, menjalankan tugas dan fungsinya ditahun 2021, secara tersistem, teratur dan terukur serta profesional akuntabel dan sinergi.


“Perlu ada satu hal yang di tanamkan dalam organisasi ini, wartawan Sekber ini jadi wartawan yang profesi di bidangnya,” ujarnya.

Oleh karenanya, dirinya menambahkan, kegiatan Raker harus membawa manfaat penting yang mampu satukan gagasan, dalam pengelolaan dan pengawasan pelaksanaan Renja Sekber di tahun 2021.

Dirinya menyampaikan, kedepan peranan utama Sekber, senantiasa membangun koordinasi dan kolaborasi setiap waktu, dalam keadaan apapun kepada stake holdernya, dan segera wujudkan target–target yang telah disepakati dalam Raker III tersebut.

“Tingkatkan kerjsama dan koordinasi baik dalam skala intenal maupun eksternal, fokus pada pencapaian sebagai bagian dari komitmen. Dalam rangka mencapai kinerja melaksanakan program kerja 2021, perlu ddi buat Indikator kinerja dan indikator keberhasilannya “, ujarnya.

Hardiono juga menyarankan, Sekber harus tingkatkan kompetensi pengurus dan anggota, lantaran tidak bisa ikuti perubahan dan tergerus oleh sistem dengan sendirinya.

Hardiono mengajak Sekber Wartawan Kota Depok untuk mengisi pembangunan Kota Depok, pasalnya peran Sekber dalam mengisi pembangunan sangat penting.

“Saya berharap Sekber dengan fungsinya, ikut mulai dari awal dalam mengisi pembangunan, mulai dari perencanaan dan masuk dalam pelaksanaan, dan masuk evaluasi maupun monitoring”, inginya.

Disisi lain, menurutnya, Sekber bermitra pada pemerintah, harua senantiasa melakukan pemberitaan atau berikan informasi pembangunan secara objektif, sampaikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat faham, bahwa visi pembangunan Depok sesuai RPJMD Depok 2021-2026.

“Dengn tolak ukur itu, maka partisipasi aktif dari pada media akan tersalurkan, dengan bekerjasama dengan pemerintah melalui Diskominfo. Artinya dari awal perencanaan program 2021 itu, bisa disandingkan dengan program pemerintah tahun 2021-2026. Masukkan program kegiatan itu ke dalam perencanaan program Diskominfo”, sarannya.

Hardiono mengutarakan, semoga Sekber bisa terus eksis bersama pemerintah, yang penting adalah mengisi pembangunan, di kontrol dan dievaluasi, bantu pemerintah.

“Semoga Sekber tetap eksis dan maju dan berjaya, dalam dunia media dan berbagai macam kegiatan lainnya”, pungkasnya. (Prayitno)


Comment