by

Sampah Non Organik Didayagunakan, Mampu Hasilkan Uang


Depok, MimbarBangsa.co.id — Keberadaan sampah yang menimbulkan berbagai macam penyakit hingga kini sulit untuk diurai. Hal ini menjadi tanggungjawab masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah tersebut, Rabu (16/12/2020).

Menurut Lurah Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok Suryadi S.Ag, mengatakan karena penyumbang sampah terbesar adalah dari rumah tangga. Dan sampah ini belum dikelola secara maksimal.


“Melalui kegiatan K3 ini masyarakat yang ada di Kelurahan Pondok Jaya, bisa memilah dan memilih mana sampah organik atau sampah non-organik. Bilamana sampah organik bisa dimanfaatkan lagi untuk di jual dan menghasilkan uang,” tutur Suryadi pada MimbarBangsa.co.id  di ruang kerjanya.

Lanjutnya, tujuannya untuk masyarakat sadar dengan mengelola sampah secara baik dan benar.

“Pada rumah tangga kita masing-masing jangan mau enaknya aja, lempar sampah ke sungai tapi yang jelas kita bukan butuh tempat sampah sekarang, kita butuh masyarakat untuk mengolah sampah berguna menjadi yang kita inginkan, dengan membantu meringankan sampah yang ada di sungai. Kita selalu melaksanakan kebersihan dan gotong-royong Sabtu maupun Minggu untuk membersihkan saluran-saluran air, kemudian sampah-sampah yang menumpuk dialiran sungai, kita juga sering dibantu oleh teman-teman untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kelurahan Pondok Jaya,” pungkasnya. (Prayitno)


Comment