by

Risma: Untuk Apa Saya Jadi Gubernur tapi Warga Miskin Surabaya Tetap Ada

-Nasional-157 views

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menampik pujian Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai sinyal dirinya diajukan untuk maju menjadi Gubernur DKI Jakarta. Risma mengatakan tidak ada gunanya menjadi gubernur bila rakyatnya tetap miskin.

“Teman-teman selalu nyampein begitu. Artinya, kalau jadi wali kota lalu jadi gubernur naik, dari gubernur ke presiden naik. Bagi saya ya nggak begitu naik itu. Bagi saya, gimana saya bisa ngangkat. Untuk apa saya jadi gubernur, untuk apa saya jadi presiden misalkan, tapi warga yang miskin tetap ada. Nggak ada gunanya untuk saya,” kata Risma di sela-sela Rakernas I PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1/2020).

Risma mengaku masih mendapatkan laporan bahwa warganya di Surabaya tak bisa sekolah. Risma merasa tak bisa berpuas diri meski pembangunan infrastruktur di Surabaya berjalan cukup pesat.

“Kadang-kadang kalau ada laporan, ya Tuhan, ya sudah, saya cari sampai ke mana-mana punya masalah misalkan nggak bisa sekolah. Tapi kenapa masih ada terus setiap hari,” ujarnya.

“Artinya memang saya nggak boleh berpuas hasil, apalagi teman-teman melihatnya mungkin cuma kasatmata. Secara fisik misalkan Surabaya tamannya bagus, udaranya bersih, nggak banjir, itu kan secara fisik. Padahal di dalam selalu saya katakan, kota atau wilayah itu bukan kata benda, di dalamnya ada manusianya yang harus juga diopeni (diurus),” sambung Risma.

Ditanya bila diminta menjadi Gubernur DKI, Risma mengaku tak memiliki nafsu kekuasaan.

“Nanti itu Tuhan akan mengatur jalan hidup saya, saya semua saya serahkan pada Tuhan karena saya sampaikan saya nggak mau kemudian saya punya nafsu. Mohon maaf, di dalamnya ada nafsu kekuasaan, itu yang saya nggak mau karena itu berat. Makanya saya nggak mau mikir. Siapa pun yang minta, saya ketawa dan, ya sudah, lepas,” sebut Risma.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengapresiasi para kepala daerah yang mereka usung. Salah satu kepala daerah yang dipuji Mega adalah Risma karena berbakti bagi daerahnya.

“Saya ingin menyebut beberapa, tetapi bukan tidak banyak, tetapi dalam kesempatan ini saya tidak bisa memberikan ucapan terima kasih saya kepada semua. Tetapi saya tahu, sadarlah bahwa saya sebagai ketua umum sangat berterima kasih terutama kepada Ibu Risma di Surabaya,” jelas Megawati di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1).

“Beliau seorang wanita yang cerewetnya bukan main, tetapi kalau saya berbicara berdua, kita selalu mengatakan nggak apa-apa, ya Bu. Kita perempuan memang harus cerewet,” jelas Megawati.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4855345/risma-untuk-apa-saya-jadi-gubernur-tapi-warga-miskin-surabaya-tetap-ada/2


Comment