by

RIP, Perawat Senior RS Siloam Surabaya Meninggal Akibat Covid-19


Surabaya, Mimbar Bangsa – Seorang perawat senior di RS Siloam Surabaya meninggal dunia akibat Covid-19. Perawat yang benama Hastuti Yulistiorini tersebut meninggal pada Kamis (16/4/2020) pukul 06.09 WIB.

“Ini adalah hari yang menyedihkan bagi Siloam dengan meninggalnya perawat senior dan kolega tercinta kami dari Siloam Surabaya. Ini adalah pengingat akan pengorbanan yang dilakukan oleh para frontliner kita setiap hari. Tuhan melindungi dokter dan perawat kami di Indonesia dan seluruh dunia,” demikian pernyataan CEO Siloam Hospitals, Caroline Riady.

RS Siloam turut saat ini terlibat aktif dalam penanganan pasien terpapar Covid-19. Ada dua RS Siloam yang menjadi rujukan khusus pasien Covid-19, dan sudah siap menerima pasien positif Covid-19 dan pasien dalam pemantauan (PDP). Keduanya adalah RS Siloam Kelapa Dua (Tangerang) dengan kapasitas 214 tempat tidur untuk perawatan dan 21 tempat tidur di intensive care unit (ICU), serta RS Siloam Mampang, Jakarta Selatan, dengan kapasitas 415 tempat tidur dan 18 tempat tidur ICU.

Bentuk dukungan yang diberikan Siloam, antara lain menggratiskan biaya perawatan pasieb Covid-19. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/238/2020, bahwa pemerintah yang akan menanggung semua biaya perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit. Nantinya Siloam yang akan mengajukan klaim penggantian biaya ke pemerintah, meskipun tidak sepenuhnya menutup biaya aktual yang dikeluarkan.

Selain itu, jaringan RS Siloam juga telah menyediakan swab test. Saat ini, Siloam memiliki fasilitas swab test lengkap, mulai dari pengambilan sampel hingga pemeriksaan di laboratorium yang memiliki kemampuan tes polymerase chain reaction (PCR) nasal.

Sumber: BeritaSatu .com

Comment

Related Post