by

Rapat Paripurna Antara Bupati Dan DPRD Nias Selatan Dalam Rancangan KUA-PPAS APBD Tahun 2021


Nias Selatan, Mimbar Bangsa – Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH, MH, menyampaikan nota pengantar rancangan Kebijakan Umum Anggaran, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nisel Tahun Anggaran (TA) 2021 pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nisel di Aula Rapat DPRD Nisel Jalan Saonigeho Km. 3 Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nisel Propinsi Sumatera Utara, Jumat (17/07/2020).

Dihadiri Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH, MH., Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Danramil Telukdalam Mayor Inf Hatianus Zega, Sekda Nisel Ikhtiar Duha, para asisten, dan staf ahli Setda Nisel, Kepala OPD Lingkup Pemkab Nisel, Pers dan LSM.

Ketua DPRD Nisel, Elisati Halawa, ST memimpin rapat paripurna DPRD Nisel didampingi Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha, S.IP, MM., Sekretaris DPRD Firman Giawa, SH, MH dan para anggota DPRD Nisel mengatakan jumlah anggota DPRD yang hadir sebanyak 29 orang dari 35 anggota DPRD Nisel dan telah memenuhi qorum. Mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD untuk bisa menghadiri rapat paripurna serta seluruh undangan lainnya.

Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH, MH mengingatkan agar meningkatkan perencanaan yang matang guna menentukan kebijakan guna pembangunan secara berkelanjutan. Serta menyampaikan bahwa kebijakan umum anggaran (KUA) memuat kondisi ekonomi makro daerah, asumsi penyusunan APBD, kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah, kebijakan pembiayaan daerah dan strategi pencapaian, beber Bupati.

Kebijakan yang diambil, yaitu kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja, dan kebijakan selaras dengan prioritas nasional dan provinsi dengan mempedomani agenda pembangunan dan prioritas jangka menengah daerah tentang pengembangan keperiwisataan, pengembangan perikanan dan kelautan, dan pembangunan pertanian dan perkebunan. Agenda pembangunan daerah Pemkab Nisel tahun kelima masa periode RPJMD 2021 fokus pada  peningkatan keamanan dan kenyamanan masyarakat melalui peningkatan mitigasi bencana. Mengutamakan penanganan dampak pandemi Covid-19 pada 4 hal yaitu pemeliharaan kesehatan, pemulihan ekonomi, dan pemeliharaan sosial, ungkap Bupati Nisel.

Lanjutnya, bahwa menyebutkan, penyusunan KUA tahun 2021 merupakan suatu dokumen perencanaan sistem anggaran yang penyusunannya mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021. Sekaligus merupakan tahap awal proses penyusunan APBD Kabuparen Nisel TA 2021, dan akan diteruskan dengan pembahasan PPAS 2021.

“KUA dan PPAS yang kami sampaikan pada kesempatan ini adalah dalam rangka efektivitas proses pembahasannya dengan penuh semangat kebersamaan dan penuh tanggung jawab serta melakukan penajaman terhadap prioritas pembangunan daerah Nisel demi kesejahteraan masyarakat,”jelas Bupati Nisel

Selain itu, ia juga mengajak terkait penerapan tatanan kehidupan baru (New Normal) dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 untuk menerapkan Protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, akhir Bupati. (Pidar Ndruru)


Comment

Related Post