by

Raih Opini WTP, Pemkab Pati Terima Penghargaan dari Kemenkeu RI


Pati, Mimbar Bangsa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI atas keberhasilan dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2018 dengan capaian Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Opini WTP tersebut merupakan penghargaan kali ke-5 secara berturut – turut yang diterima oleh Kabupaten Pati.


Penghargaan diserahkan Plt Kepala KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Pati dan diterima Bupati Pati H. Haryanto dan Wakil Bupati Saiful Arifin didampingi Sekda Suharyono, Kepala Inspektorat Jumani dan Kepala BPKAD Turi Atmoko, bertempat di Ruang Pringgitan Setda Pati, Senin (12/10).

Bupati Haryanto mengatakan, penghargaan itu merupakan salah sati prestasi yang diterima Pemkab Pati atas pengelolaan keuangan daerah.

Menurutnya, mengelola keuangan daerah tidaklah mudah, sehingga prestasi itu merupakan capaian yang luar biasa.

“Kita ini sudah 5 kali berturut – turut. Dan tahun ini mudah – mudahan nanti dievaluasi tahun 2020, kita bisa mempertahankannya”, ungkap bupati.

Prestasi itu, lanjutnya, juga berkat dukungan Wakil Bupati, Sekda, Kepala Inspektorat dan BPKAD dalam mengelola anggaran APBD secara baik dan membawa manfaat bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, bupati menyampaikan terima kasih kepada KPPN yang telah memberi dorongan dan semangat kepada SKPD di Kabupaten Pati, sehingga tercapai Opini WTP.

Plt Kepala KPPN Pati Sumarjaka mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) atas laporan pengelolaan keuangan, Pemkab Pati meraih Opini WTP dan atas hal itu Menteri Keuangan RI memberi apresiasi.

Menurutnya, tidak mudah bagi daerah untuk mendapatkan Opini WTP karena harus mampu mengelola keuangan dan aset negara.

“Butuh perjuangan keras untuk meraih Opini WTP hingga 5 tahun berturut – turut. Dan penghargaan dari Kementerian Keuangan ini hanya diberikan pada daerah yang bisa mencapai prestasi ini 5 tahun berturut – turut”, ujar Sumarjaka.

Dia berharap, Pemkab Pati dapat mempertahankan dan mendapat Opini WTP 10 tahun berturut – turut.


Comment