by

Punya Dirut Baru, Saham Garuda Indonesia Langsung Melesat

-Berita-159 views

Jakarta, Mimbar Bangsa – Irfan Setiaputra ditunjuk sebagai direktur utama PT Garuda Indonesia (persero) Tbk (GIAA) menggantikan Ari Askhara dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini, Rabu (22/1/2020). RUPSLB juga menunjuk Triawan Munaf, mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, sebagai komisaris utama.

Menanggapi penunjukkan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Kementerian BUMN berupaya mencari figur terbaik yang akan duduk mengelola flight carrier, Garuda Indonesia.

“Saya harap Pak Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanah dengan baik, mengikuti prinsip good corporate governance dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi. Pak Triawan Munaf dengan semua pengalaman beliau tentu akan mampu memberikan masukan strategi pemasaran dan meningkatkan citra Garuda yang sempat terganggu. Khusus untuk Ibu Yenny Wahid, figur perempuan yang sangat mumpuni, Bu Yenny merupakan komisaris independen perwakilan publik yang dapat dipercaya,” ungkapnya.

Pascapenunjukkan direksi dan komisaris baru, saham Garuda melesat 1,32 persen ke Rp 460.

Selain itu, RUPSLB juga mengangkat Dony Oskaria sebagai Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia. Dony merupakan anggota dewan komisaris Garuda Indonesia sekaligus anggota Komite Ekonomi Industri Nasional.

RUPSLB juga menunjuk Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama Garuda. Ia menggantikan Komisaris Utama sebelumnya Sahala Lumban Gaol.

Ari Askhara dicopot pada 5 Desember 2019 karena terlibat skandal penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Sebelum menjabat dirut Garuda, Irfan pernah menjabat sebagai direktur utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (persero) atau PT INTI periode Maret 2009-Juli 2012. Selepas dari INTI, lulusan S1 ITB Teknik Informatika angkatan 1989 ini menjadi CEO PT Titan Mining Indonesia dari Agustus 2012 hingga Juni 2014. Lalu Irfan menjadi CEO PT Cipta Kridatama pada rentang Juli 2014 hingga Mei 2017. Pria kelahiran Jakarta 24 Oktober 1964 juga pernah menjabat sebagai COO ABM Investama Tbk PT (ABMM) dari Mei 2015 hingga Mei 2016 dan CEO Reswara Minergi Hartama pada Mei 2017 hingga Desember 2017. Cipta Kridatama dan Reswara Minergi adalah anak usaha ABM Investama.

Irfan juga pernah bekerja untuk perusahaan-perusahaan teknologi seperti IBM, LinkNet dan Cisco. Posisi terakhir Irfan adalah sebagai CEO Sigfox Indonesia, pengelola jaringan Internet of Things (IoT), yang dipegangnya sejak Februari 2019 lalu.

Berikut adalah susunan direksi dan komisaris baru Garuda Indonesia:

Direktur Utama : Irfan Setiaputra
Wakil Direktur Utama : Dony Oskaria
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Fuad Rizal
Direktur Operasi : Tumpal Manumpak Hutapea
Direktur Human Capital : Aryaperwira Adileksana
Direktur Teknik : Rahmat Hanafi
Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT : Ade R. Susardi
Direktur Niaga dan Kargo : M. Rizal Pahlevi

Komisaris Utama: Triawan Munaf
Wakil Komisaris Utama: Chairal Tanjung
Komisaris Independen : Yenny Wahid
Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan
Komisaris : Peter Gontha

Sumber: Suara Pembaruan

Comment