by

Program 100 Hari Kerja Walikota Depok, Pencanangan Sumur Resapan Biopori di Kel. Cilangkap Ada 20 Titik

Depok, MimbarBangsa.co.id — Janji politik Walikota Depok terpilih, KH. M. Idris, MA dimana program 100 hari kerja untuk pencanangan adanya pembuatan sumur resapan biopori berupaya akan menindaklanjuti, yang dilakukan di tingkat Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jumat (23/04/2021).

Menurut Plt Lurah Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok Soni Hendro, mengatakan untuk masing-masing kelurahan melaksanakan perencanaan dalam pembuatan lubang biopori. Dijelaskannya, tujuannya adalah mengembalikan fungsi-fungsi alam itu.


“Kami (Kelurahan Cilangkap) hari ini kita melaksanakan di 20 titik dan 11 lubang biopori yang dibuat tadi. Hadir pula DKM, Ketua RW, Babinsa dan kader-kader PKK Kelurahan Cilangkap. Kenapa kita lakukan itu, kan sebenarnya kita sama-sama tahu secara umum bahwa banyak terjadi kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia itu sendiri, tambahnya penduduk, maupun bangunan-bangunan sehingga air menjadi berkurang,” tutur Soni pada MimbarBangsa.co.id di ruang kerjanya.

Lanjutnya, karena wilayah-wilayah yang lain targetnya Kota Depok mencapai 1000 lubang sumur resapan biopori tersebut. Meskipun di Kelurahan Cilangkap relative alamnya masih bagus, namun resapan air sudah banyak berkurang, sehingga antinya akan bisa dimanfaatkan oleh warga di Cilangkap. Dan tidak banyak genangan air yang ada di wilayah Kelurahan Cilangkap dengan adanya resapan biopori.

“Kan targetnya Kota Depok itu sebenarnya 100.000, berarti kan kalau kalau diturunkan kepada lurah masing-masing mungkin sekitar RT/RW bisa mencapai 1 hingga 100 lubang biopori. Saya berharap supaya itu bisa ditindaklanjuti oleh teman-temannya RW di Kelurahan Cilangkap. Kami juga menjadi bagian dari program 100 hari Walikota ini (KH. M. Idris, MA) salah satu program Walikota. Karena support menjadi bentuk dukungan pemerintah kepada warganya untuk ikut berpartisipasi melaksanakan program-program pemerintah tingkat kota,” pungkasnya. (Prayitno)

Comment