by

Polres Nias Selatan Meringkus Kurir Narkoba Asal Sibolga

Nias Selatan, Mimbar BangsaSeorang pria bernama Reinhard Zulyadi (22), beralamat di Jln. Sibolga Barus Dusun I Desa Mela I Kec. Tapian Nauli Kab. Tapanuli Tengah, berhasil diringkus oleh petugas Sat Resnarkoba Nias Selatan pada hari kamis tanggal 11 Februari 2021 sekitar pukul 11.30 WIB.

Dalam konferensi Pers yang digelar di Mapolres Nias Selatan, Kapolres Nias Selatan AKBP Arke Furman Ambat, S.I.K mengatakan bahwa tersangka merupakan seorang mahasiswa asal sibolga.


“Petugas berhasil menangkap seorang pengedar shabu-shabu, dengan barang bukti 208,9 gr sabu-sabu dari tersangka RZ (22), yang berstatus mahasiswa asal Sibolga.” Papar Kapolres Nias Selatan, senin (12/2/2021).

Menurut pengakuan tersangka, narkotika jenis shabu-shabu tersebut berasal dari Sibolga. Tersangka diarahkan oleh seorang laki-laki yang berada di Sibolga berinisial BN. BN dan tersangka melakukan komunikasi melalui telepon genggam.

Baca juga :  Polresta Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Empat Kilo Gram Shabu

BN mengarahkan tersangka  untuk membawa barang haram tersebut ke kota Teluk Dalam – Nias Selatan, untuk diberikan kepada seseorang yang tidak diketahui namanya.

Kronologi Penangkapan

Pada hari Kamis, tanggal 11 Februari 2021 sekira pukul 11.00 Wib, Personil Sat Resnarkoba Polres Nias selatan mendapatkan informasi dari masyarakat adanya seseorang yang membawa atau menguasai Narkotika Gol I Jenis Shabu-Shabu yang sedang berdiri di depan penginapan Adifa yang beralamat di Jl.Ahmad Yani Kel.Pasar Teluk Dalam Kab.Nias Selatan.

Menindak lanjuti laporan tersebut, Personil  Satres Narkoba Polres Nias Selatan langsung menuju penginapan Adifa.

Baca juga :  Wakil Ketua DPRD Nisel Fa'atulo Sarumaha Laksanakan Reses Tampung Aspirasi

Sesampainya di penginapan Adifa, petugas menemukan seorang pria sesuai dengan ciri-ciri yang disampaikan informan, lalu petugas melakukan penggeledahan dengan menunjukan Surat Perintah Tugas dan Surat Perintah Penggeledahan.

Petugas menemukan 1 (Satu) buah plastik hitam asoi, yang didalamnya terdapat 1 (satu) bungkusan kertas nasi. Dalam plastik tersebut terdapat 2 (dua) buah plastik klip besar dan 2 (dua) buah plastik klip kecil yang di balut dengan lakban. Berisikan serbuk kristal yang diduga keras narkotika Gol I jenis shabu-shabu.

Tas ransel warna hitam, serta 1 (satu) buah kotak rokok SURYA yang di dalamnya terdapat 1 (satu) bungkus plastik klip kecil yang berisikan serbuk kristal yang di duga keras narkotika Gol I jenis shabu-shabu di kantong celana sebelah kanan yang di gunakan pelaku pada saat itu.

Baca juga :  Memperingati HKGB Ke- 68 Ny. Mita Arke Furman Ambat Berikan Bantuan Kepada Tenaga Medis

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan undang-undang Tindak Pidana “Dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, atau menerima Narkotika Gol I sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang dalam bentuk tanaman beratnya melebihi 1 (satu) kilogram atau melebihi 5 (lima) batang pohon atau dalam bentuk  bukan tanaman beratnya melebihi 5 (lima) gram ”, sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat (2) subs pasal 112 ayat (2) dari undang-undang republik indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

 

 

 




Comment