by

Polisi Tangkap Pemuda Ancam Viralkan Video Syur Pesinetron GL

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Penyidik Subdit IV Tindak Pidana Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, menangkap tersangka YS (22), lantaran mengancam akan menyebarluaskan atau memviralkan video syur bintang sinetron berinisial GL.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan, pengungkapan kasus ini bermula dari laporan polisi yang dibuat korban GL, ke Polda Metro Jaya.


Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Barat juga telah menerima laporan dan mengungkap kasus beredarnya video syur GL, kemudian menangkap dua orang tersangka selaku penyebar masif.

“Saudari GL ini buat laporan polisi lagi di Polda, itu sekitar tanggal 11 Februari yang lalu, masih sama (terkait) peredaran video asusila yang diakui memang dia di situ. Tapi di sini laporannya adalah adanya ancaman dari salah satu akun yang mengancam yang bersangkutan untuk memeras,” ujar Yusri, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/3/2021).

Dikatakan Yusri, tersangka mengancam GL kalau tidak mengirim uang akan menyebar atau memviralkan video syurnya.

“Kalau tidak mengirimkan uang, video ini akan disebar. Jadi begini kalau Anda tidak ingin viral, saya membutuhkan uang. Maka video akan saya hapus kalau sudah dibayar, kalau tidak akan saya sebarkan,” ungkap Yusri.

Yusri menyampailan, tersangka melakukan pengancaman melalui akun Instagram @yudis.03. Kemudian, tim siber melakukan penyelidikan dan memprofil akun itu.

“Kita profiling, kemudian kita temukan akun tersebut di daerah Kota Medan, Sumatera Utara. Kita kejar ke sana, Sabtu kemarin diamankan pemilik akun inisialnya YS. Kita bawa ke sini, ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan terhadap yang bersangkutan,” katanya.

Menurut Yusri, berdasarkan keterangan tersangka YS hanya iseng-iseng saja. Dia pernah mengetahui ada pengancaman seperti itu dan pelakunya berhasil memeras korban.

“Jadi dia iseng-iseng siapa tahu dapat uang katanya. Keterangannya saat permeriksaan apakah ada nominal duit yang kamu minta, katanya belum. Ini masih terus kami dalami, tapi unsur pengancamannya sudah ada,” jelasnya.

Menyoal dari mana tersangka memiliki video syur itu, Yusri menuturkan, mendapatkannya dari media sosial.

“Dia dapat dari sosmed, dia crop, edit sendiri, dia kirim ke akun sosmed terlapor saudari GL dengan adanya kalimat, kalau nggak mau viral kirimkan uang,” ucapnya.

Sementara itu, ihwal apakah GL telah mengakui kalau pemeran dalam video syur itu adalah dia, Yusri membenarkannya. “Iya,” katanya.

Yusri mengungkapkan, akibat perbuatannya tersangka dikenakan Pasal 27 ayat (1) Jo Pasal 45 ayat (1) dan atau Pasal 27 ayat (4) Jo Pasal 45 ayat (4) Jo Pasal 36 Jo Pasal 51 ayat (2) Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Eklektronik.

“Ancaman hukuman penjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar,” tandasnya.

 

Sumber: BeritaSatu.com

Comment

Related Post