by

Polisi Tangkap Pembunuh Kalinus Zai, Berikut Identitas dan Wajah Kedua Pelaku

Deliserdang, MimbarBangsa.co.id — Setelah mengungkap kasus pembunuhan Kalinus Zai (40), Polda Sumut dan Polresta Deli Serdang memperlihatkan tampang kedua tersangka.

Kedua pelaku diketahui bernama Wan Suhelmi (38) warga Jalan Hasanuddin, Kelurahan Lubukpakam I-II, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang dan Tri Witomo (30), tukang servis AC, warga Jalan Bakaranbatu, Desa Bakaranbatu, Kecamatan Lubukpakam.

Wan Suhelmi dan Tri Witomo saat ditangkap polisi

Keduanya dikabarkan hendak kabur ke Padang. Kedua pelaku berhasil diamankan di Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Minggu siang (27/6/2021), sekira pukul 13.00 WIB.

Dua pelaku yang menghabisi nyawa Kalinus Zai diberikan tindakan tegas dan terukur (tembak).

Kedua pelaku tampak mengenakan mengenakan kursi roda. Keduanya terlihat tertunduk lesu saat digiring petugas kepolisian.

Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi, dikonfirmasi soal dua pelaku ditembak belum berkenan berikan keterangan.

Mantan Kapolres Asahan ini hanya menyampaikan jika kasusnya disampaikan langsung oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Simanjuntak hari ini di Polresta Deli Serdang.

“Kapolda Sumut yang menyampaikan. Sabar ya,” Senin (28/6/2021).

Fakta-fakta Pembunuhan Kalinus Zai, Sosok dan Motif Pelaku

Pembunuhan sadis yang menewaskan Kalinus Zai menyita atensi publik, khususnya Warga Medan, Sumatera Utara.

Kalinus Zai tak menyadari maut menjemputnya selepas meladeni pria pembeli AC dan kulkas di tokonya.

Sehari-hari, Kalinus Zai bekerja mencari nafkah di Toko UD Lau Kawar, Jalan Tembung, Pasr 10, Kecamatan Percutseituan, Deliserdang.

Adapun rumah tinggal Kalinus Zai dan keluarga berada di Jalan Selambo Ujung Gang Teratai, Kecamatan Medan Amplas, Medan.

Sementara itu sang anak, sudah menaruh kecurigaan. Hingga menguntit mobil pelaku.

Namun, fakta mengerikan harus ia lihat. Ayah tercinta, dibuang dari dalam mobil yang ia kuntit.

Saat berupaya menolong, ia mendapati sang ayah sudah tak bernyawa lagi dalam kondisi mengenaskan di jalan Bandara Kualanamu.

Polisi bergegas cepat. Tak sampai 1X24 jam, para pelaku dibekuk. Motif sementara pelaku pun dibeberkan.

Wilman Zai, anak kandung Kalinus Zai, korban pembunuhan yang jasadnya ditemukan bersimbah darah di jalan Bandara Kualanamu terlihat termenung di samping jasad ayahnya.

Berulangkali, ia menyeka air mata yang mengalir di pipinya saat para pelayat satu-persatu memeluknya.

Remaja berusia 15 tahun itu tidak beranjak duduk di samping jasad ayahnya. Ia berulangkali menguatkan sang ibu.

“Saat itu saya membantu bapak untuk menjaga gudang. Lalu datang dua pelanggan untuk membeli kulkas dan AC 1 PK merk Polytron,” kata Wilmanjay di kediamannya Jalan Selambo Ujung, Gang Teratai, Kecamatan Medan Amplas, Minggu (27/6/2021).

Ia menyampaikan, pembeli yang datang berjumlah dua orang. Satu pembeli berada dalam mobil. Sedangkan, satu pembeli lagi masuk ke dalam toko.

Para pelaku pesan sejumlah barang elektronik di antaranya satu unit kulkas dan satu unit pendingin ruangan.

“Pelaku memesan barang kulkas dan AC, tapi uangnya tidak ada. Kata pelaku ini uangnya sama istri di rumah, jadi bapak saya menelpon tauke untuk bagaimana proses pembayaran,” ujarnya.

Setelah menelepon taukenya, Kalinus Zai memuat barang ke mobil yang dibawa pelaku. Selanjutnya pelaku mengajak Kalinus Zai ke rumahnya.

“Saya sudah tidak enak perasaannya. Jadi saya ikuti naik sepeda motor. Mobil itu kencang kali. Setelah saya ikuti, ternyata mereka mengarah ke Bandara Kualanamu dan di situ bapak saya langsung dicampakkan dari dalam mobil,” katanya.

Saat ditemukan di Jalan Sultan Serdang, Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, persisnya di depan Sport Center, kondisi Kalinus Zai bersimbah darah.

Kepalanya pecah seperti dihantam sesuatu.

Akibat luka serius di kepala, Kalinus Zai meninggal dunia di hari kejadian, persisnya Sabtu (26/6/2021) kemarin.

Comment

Related Post