by

PHP Bupati Nias Selatan: Saksi Pemohon Ungkap Pelanggaran Petahana

-Pilbup-497 views

JAKARTA, MimbarBangsa.co.id – Sidang pembuktian perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Nias Selatan Tahun 2020 digelar Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin (1/3/2021) pagi. Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2 Idealisman Dachi dan Sozanolo Ndruru (Pemohon Perkara 59/PHP.BUP-XIX/2021) menghadirkan sejumlah saksi.

Saksi Pemohon, Mukami Eva Wisman Bali menerangkan terjadinya pelanggaran administrasi oleh Paslon Nomor Urut 1 Hilarius Duha dan Firman Giawan selaku petahana. Mukami sebagai tim hukum eksternal paslon nomor urut 2 memperoleh informasi dari lapangan mengenai kegiatan panen ikan oleh petahana sebagai bentuk kampanye dan melaporkan kepada Bawaslu. Namun hal itu tidak ada tindak-lanjut Bawaslu.


Mukami juga melaporkan ke Bawaslu soal orasi politik dari paslon nomor urut 1 bahwa akan ada pembagian bibit ternak babi setelah disetujui DPRD Nias Selatan, untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat.

“Laporan saya diregistrasi Bawaslu dan ditindaklanjuti, sehingga pada 18 Desember 2020 Bawaslu mengeluarkan rekomendasi yang diteruskan ke KPU. Namun KPU tidak menindaklanjuti,” jelas Mukami kepada Majelis Hakim yang dipimpin Wakil Ketua MK Aswanto dengan didampingi Hakim Konstitusi Suhartoyo, dan Hakim Konstitusi Daniel Yusmic P. Foekh.

Kemudian pada 21 Desember 2021, Mukami kembali melaporkan ke Bawaslu terkait pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dilakukan oleh petahana. Pada 27 Desember 2020 terbit rekomendasi Bawaslu, namun tidak ditindaklanjuti oleh KPU.

Saksi Pemohon berikutnya, Kristiana Maduwu menerangkan soal pembagian BST di sebuah balai pertemuan pada 24 Juni 2020, namun lokasi tepatnya di Kabupaten Nias Selatan. Kristiana mengaku menerima BST sebesar Rp 1.800.000. Besar BST tersebut untuk satu orang. Dia sendiri tidak mengetahui persis pihak mana yang memberikan BST untuk dirinya dan para penerima BST lainnya.

“Saya ingat orang yang memberi saya BST bilang ‘solid’. Sepertinya kode dari pasangan calon nomor urut 1,” tutur Kristiana.

Selanjutnya ada Saksi Pemohon, Darius Manao yang menjelaskan adanya kampanye akbar di Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama dari paslon nomor urut 1 pada 22 November 2020 yang siap memberikan anggaran besar untuk pembelian bibit ternak babi bagi warga desa. Selain itu Darius menyampaikan adanya pembagian sembako dari paslon nomor urut 1 bagi para calon pemilih di masa kampanye.

Sumber: Humas MKRI

Comment

Related Post