by

Peringati HKGB, Bhayangkari Polres Jakbar Raih Juara Pekarangan Pangan Lestari

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Bhayangkari Cabang Metro Jakarta Barat raih juara 2 lomba program pekarangan pangan lestari (P2L) dengan kategori lahan kecil, Selasa, 21/9/2021.

Lomba program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Hhayangkari (HKGB) ke-69 yang diadakan oleh pengurus daerah Bhayangkari Metro Jaya sebagai ketahanan pangan untuk sumber pangan di masa pandemi Covid-19.

Ketua Bhayangkari Cabang Metro Jakarta Barat Ny. Windy Ady Wibowo mengatakan program pekarangan pangan lestari (P2L) ini dalam rangka hari kesatuan gerak bhayangkari (HKGB) ke- 69 yang di adakan oleh pengurus daerah Bhayangkari Metro Jaya.

“Alhamdulillah hari ini kami dari Bhayangkari Cabang Metro Jakarta Barat meraih juara 2 lomba program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dengan kategori lahan kecil,” ujar Ny. Windy Ady Wibowo saat dikonfirmasi. Selasa, 21/9/2021.

Ny. Windy Ady mengatakan program menanam sayur hidroponik ini sudah berjalan sejak satu bulan yang lalu.

Lahan yang digunakan pun tidak begitu luas, hanya memanfaatkan halaman yang tersedia di Polres Metro Jakarta Barat dengan ukuran 1 meter x 4 meter persegi untuk dijadikan tempat penanaman budi daya tanaman hidroponik.

Bahan yang digunakan untuk menanam hidroponik ini hanya menggunakan peralatan seadanya seperti pipa sebagai tempat tanaman, sumber air yang mengalirkan dan sinar matahari yang cukup hingga bantuan sinar ultraviolet pada malam hari.

“Kami juga menggunakan metode vertikultur yaitu dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam yang dilakukan secara bertingkat,” ucapnya.

Menurut Ny. Windy, dengan adanya program ini sangatlah baik terlebih sistem tanam hidroponik justru tidak mengurangi kualitas dari setiap sayur yang di tanam.

“Kalau hidroponik itu panennya lebih cepat hasilnya lebih bagus,” kata Ny. Windy.

Berbagai macam jenis sayuran pun ditanam oleh kumpulan istri bhayangkari polisi ini seperti selada merah, selada hijau, sawi samhong, kangkung, pakcoy, bayam merah, bayam hijau hingga sawi.

Setelah seluruh sayur sudah panen, pihaknya akan membagikan hasil pangan itu baik untuk anggota Polres Metro Jakarta Barat hingga ke warga yang tinggal sekitar Polres.

“Setiap Hasil panen yang dihasilkan dari pekarangan pangan lestari (P2L) ini akan kami bagikan untuk anggota maupun warga sekitar sebagai ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” jelas Ny Windy.

Ny. Windy berharap dengan adanya Program Pekarangan Pangan lestari (P2L) dapat menjadi penyemangat bagi Ibu-ibu Bhayangkari Cabang Metro Jakarta Barat untuk melakukan penanaman di rumah masing masing sebagai ketahanan pangan untuk sumber pangan di masa pandemi Covid-19.

Hari ini sebelum dilakukan penentuan juara telah dilakukan peninjauan di lahan perkarangan pangan lestari (P2L) Polres Metro Jakarta Barat, yang dihadiri oleh Ibu Masyita dari Dinas KPKP (Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian) Prov DKI Jakarta, Ibu-ibu Seksi Kebudayaan Pengurus Daerah Bhayangkari Metro Jaya, Ketua Bhayangkari Cabang Metro Jakarta Barat Ny. Windy Ady Wibowo dan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Metro Jakarta Barat Ny. Menik Bismo Teguh Prakoso, serta pengurus Cabang Bhayangkari Metro Jakarta Barat. (Okto Lase)

Comment

Related Post