by

Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Nias Upacara Tabur Bunga di Laut

Teluk Dalam, MimbarBangsa.co.id — Pangkalan TNI AL Lanal Nias melaksanakan upacara Tabur Bunga di laut dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2022, di buritan Patkamla Telukdalam, Sabtu (15/1/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, Komandan Upacara Kasihartib Denpomal Lanal Nias Letda Laut (PM) Giatno, Perwira Upacara Paur Yar Akun Lanal Nias Letda Laut (S) Andi Rahman dan Pembawa Acara Serda Ttu/W Imelda Duha.

Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah untuk memperingati pertempuran laut Aru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962, yaitu gugurnya prajurit-prajurit terpilih Bangsa Indonesia dan Pahlawan Nasional TNI Angkatan Laut yang berada di KRI Macan Tutul yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi kembalinya Papua ke Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ada beberapa kegiatan yang kita dilaksanakan, kemarin kita Ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan Gunungsitoli, kemudian pada hari ini kita melaksanakan Upacara Tabur Bunga di laut dengan menggunakan Patkamla Telukdalam,” ungkap Danlanal Nias.

Komandan Lanal Nias menyampaikan bahwa pertempuran laut Aru yang terjadi pada tahun 62 tersebut, sebelumnya didahului oleh beberapa pertempuran laut seperti pertempuran yang dipimpin oleh Kapten Markasih di Selat Bali dengan perahu-perahu tradisional yang sangat sederhana, untuk mengusir penjajahan Belanda yang mempunyai kapal-kapal yang lebih canggih dari pulau Bali.

“Ini momentum yang baik untuk mengingatkan kembali, bahwa para pendahulu kita yaitu Pahlawan Nasional yang telah gugur mendahului kita, yang berjuang dengan mempertaruhkan jiwa dan raga, demi Bangsa dan Negara. Kepada generasi saat ini kita berharap agar mampu mengisi apa yang sudah diberikan kepada kita dengan baik dan berguna serta bermanfaat demi kejayaan dan keutuhan NKRI,” jelasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Pasops Lanal Nias Mayor Laut (P) Yudiono, Paur Polum BP. Lanal Nias Letda Laut (K) M. Agung Bagaskoro, Paur Yar Akun Lanal Nias Letda laut (S) Risnanto, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 5 Korcab II DJA I.

Comment

Related Post