by

Pengumuman Kartu Prakerja Sudah Ada, Begini Cara Cek dan Solusi Jika Belum Beruntung


Jakarta, Mimbar Bangsa Pengumuman Kartu Prakerja gelombang pertama sudah dilakukan. Lulus atau tidaknya bisa Anda cek di dashboard Kartu Prakerja di prakerja.go.id. Jika tidak lolos, akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini.

Dikutip dari kompas.com, gelombang pertama Kartu Prakerja hanya meloloskan 200 ribu orang, dari total 5,9 juta yang sudah melamar. Dengan persentase terpilih hanya 3,3%, jangan terlalu berkecil hati jika Anda bukan termasuk yang lulus Kartu Prakerja gelombang pertama.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika tidak lulus?

Jangan khawatir, Anda masih berkesempatan mengikuti gelombang berikutnya. Anda pun tidak perlu mengulang tes yang telah Anda lakukan saat mendaftar, karena hasil ujian Anda sudah masuk ke database Kartu Prakerja. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar gelombang berikutnya.

Rencananya, Kartu Prakerja gelombang 2 akan dibuka pada 20 April 2020 sampai 23 April 2020. Jadi, jangan lupa mengecek mendaftar gelombang 2 pada 20 April 2020. Sebagai tambahan informasi, tiap gelombang akan dibuka per hari Senin, dan akan ada 30 gelombang untuk peserta Kartu Prakerja ini.

Sedangkan bagi Anda yang berhasil lolos, Anda akan diberikan pagu sebesar Rp.1 juta untuk mengikuti pelatihan. Pagu ini bisa Anda belanjakan untuk mengikuti kursus online di tujuh mitra Kartu Prakerja.

Namun perlu diingat, Anda harus menggunakan pagu tersebut paling lambat 30 hari sejak diterima. Jika tidak, pagu tersebut akan hangus dan dikembalikan ke kas negara. Catatan lain, Anda tidak bisa memberikan pagu tersebut ke orang lain. Jika ketahuan curang, manajemen Kartu Prakerja dapat menarik pagu yang Anda miliki.

Lalu, bagaimana dengan subsidi tunai dari Kartu Prakerja?

Subsidi tunai sendiri langsung didapat jika Anda telah menyelesaikan setidaknya satu kursus. Contohnya jika Anda mengambil kursus Paket Pelatihan Ojek Online di Skill Academy.


Comment

Related Post