by

Penerimaan Calon Prajurit TNI AL di Mako Lanal Nias Tidak Dipungut Biaya

Teluk Dalam, MimbarBangsa.co.id — Panitia Penerimaan Calon Prajurit TNI Angkatan Laut melaksanakan validasi dan pendataan akhir jumlah animo masyarakat yang sudah melakukan daftar ulang di Mako Lanal Nias, Jalan Baloho Indah Nomor 1 Kelurahan Pasar Telukk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumut, Rabu (12/01/2022).

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo melalui Palaksa Lanal Nias Mayor Marinir Ahmad Fauzi menyampaikan beberapa penekanan kepada Calon Siswa Bintara dan Tamtama PK TNI AL Gelombang I TA 2022.

“Atas nama TNI Angkatan Laut mengucapkan terima kasih yang mendalam atas minat dan semangat untuk mendaftar sebagai Calon Prajurit TNI Angkatan Laut. TNI Angkatan Laut adalah salah satu medan juang dalam mengabdi kepada negara dan bangsa Indonesia yang bertugas menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah Laut Yurisdiksi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ucapnya.

Mayor Marinir Ahmad Fauzi menegaskan bahwa tidak ada pemungutan biaya dalam proses seleksi Calon Prajurit TNI Angkatan Laut. Proses seleksi ini sepenuhnya dibiayai sepenuhnya oleh negara.

“Proses seleksi menjadi Calon Prajurit TNI Angkatan Laut dibiayai negara, oleh karena itu tidak dipungut biaya apapun, mulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi, sampai dengan pendidikan. Bila ada seseorang, baik militer maupun sipil, yang mendekati atau membujuk anda dan keluarga serta menjanjikan atau menjamin anda akan lulus seleksi asalkan disediakan sejumlah uang, jangan percaya. Bila itu terjadi, catat nama dan alamatnya. Bila militer, kenali pangkat dan identitas yang digunakan. Jangan ragu-ragu untuk melaporkan hal tersebut kepada pihak panitia pendaftaran di Lanal Nias agar segera ditindaklanjuti,” tegasnya.

Jumlah animo Calon Prajurit TNI AL yang sudah mendaftar secara on line di Sub Panitia Daerah (Sub Panda) Lanal Nias sebanyak 127 orang terdiri dari 97 orang Calon Siswa Bintara dan 30 orang Calon Siswa Tamtama. Namun sampai berita ini diturunkan jumlah yang ikut validasi atau mendaftar ulang adalah sebanyak 58 orang, terdiri dari 49 orang Calon Siswa Bintara dan 9 orang Calon Siswa Tamtama. Validasi atau daftar ulang berakhir tanggal 12 Januari 2022.

Mayor Marinir Ahmad Fauzi menyampaikan pesan Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo kepada para peserta seleksi, agar tetap semangat dan percaya pada kemampuan diri sendiri.

“Siapkan diri anda sebaik-baiknya, percaya kepada kemampuan sendiri dan yakinlah bahwa yang menjadi anda lulus adalah anda sendiri bukan orang lain. Selamat berjuang dan semoga sukses, joint the navy to see the world (bergabunglah dengan TNI Angkatan Laut maka akan melihat dunia),” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Palaksa Lanal Nias Mayor Marinir Ahmad Fauzi, Pasintel Lanal Nias Mayor Laut (P) Ismail Hamid, Pasops Lanal Nias Mayor Laut (P) Yudiono, Dansub Unit Intel Lanal Nias Lettu Laut (P) Amir Husin Lubis, Pgs. Pasminlog Lanal Nias Lettu Laut (KH) Albertus Heru.

Comment

Related Post