by

Pemdes Lolozaria : Selain Prioritaskan Pembangunan, Juga Fokus Penanganan Covid 19


Nias Selatan, Mimbar Bangsa Kinerja  Pemerintah Desa Lolozaria ” Kersmis Sarumaha “ patut diapresiasi, pihaknya telah menyelesaikan pembuatan R-P-APBDesa T.A 2020 dan siap untuk di ajukan di DPMD Kabupaten Nias Selatan, ungkapnya diruang kerjanya di Desa Lolozaria Senin ( 11/05/2020)

Hal ini sebuah keberhasilan yang patut di jempol,pasalnya termasuk Desa yang pertama kali menyelesaikan R-P-APBDesa T.A 2020  Se – Kecamatan Amandraya.

Sarumaha ” juga menjelaskan kepada Red.Mimbar Bangsa.co.id selain memprioritaskan pembangunan di Desa juga pihaknya memprioritas penanganan Pandemi Covid 19.

Lanjutnya,khusus anggaran penanganan Covid 19 beliau anggarkan 25 % dari anggaran Dana Desa 772.632.000 sebesar Rp. 193.158.000. sesuai dengan petunjuk teknis dan kriteria yang ada.Termasuk dalam pendataan penerima BLT, “untuk tahun ini data yang diajukan sebagai penerima BLT didesa Lolozaria,sebanyak 46 orang.

Jumlah data tersebut warga yang belum tersentuh bentuk bansos lain, seperti penerima PKH, BST, Kartu Pra Kerja, dan bentuk bansos lainnya.

Untuk meningkatkan kinerja birokrasi pemerintahan di Desa Lolozaria, Kersmis Sarumaha juga mengajak kepada seluruh Aparat Desanya agar menjadi panutan kepada masyarakat diberbagai aspek kegiatan.

Setiap hari Senin Pemdes Lolozaria tampak terlihat melaksanakan apel pagi, dalam kesempatan tersebut  pihaknya menghimbau kepada perangkatnya agar setiap melaksanakan gotong royong didesa harus jadi panutan dan contoh bagi masyarakat.

” Perangkat Desa itu adalah pelayan bagi masyarakat bukan untuk dilayani ” tegasnya.

Lanjutnya, Pihaknya telah menata birokrasinya,seperti pembuatan Stambuk Desa dengan fungsi untuk memudahkan croscek data penduduk didesanya.

Reporter : Abdul Rahman


Comment