by

Pemda Nias Utara Upayakan Bantu Biaya Kuliah Mahasiswa di PSDKU-USU

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id — Pemda Nias Utara gelar temu pers terkait penerimaan mahasiswa baru PSDKU-USU di Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati Nias Utara, Kamis 16 September 2021.

Plh. Sekda Kabupaten Nias Utara Drs. Folo’o Harefa, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Konferensi Pers tersebut bertujuan untuk memberi penjelasan kepada masyarakat terkait penerimaan mahasiswa baru PSDKU-USU Kabupaten Nias Utara yang beberapa hari terakhir ramai diperbincangkan masyarakat.

“Kita laksakanakan temu pers ini untuk memberikan penjelasan dan ketegasan terhadap pendirian PSDKU-USU Kabupaten Nias Utara serta penerimaan mahasiswa baru yang sedang berjalan saat ini serta juga disebabkan banyaknya komentar-komentar yang tersebar di tengah-tengah masyarakat yang simpang siur dan cenderung tidak memahami serta banyak yang pesimis pada keberadaan PSDKU-USU Kab. Nias Utara.” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi., M.Si menyampaikan bahwa jauh sebelumnya dan khususnya saat tampil sebagai calon kandidat kepala daerah, Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara terpilih saat ini mengusung prinsip utama yaitu memperbaiki masa depan Kabupaten Nias Utara salah satunya dengan cara pengembangan pendidikan yang handal dan berkualitas di Kabupaten Nias Utara. Untuk memuwujudnyatakan hal tersebut maka dituangkan pada misi pertama “Meningkatkan Sumber daya Manusia yang Beriman, Sehat dan Produktif”.

Selanjutnya, Wakil Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa merealisasikan keberadaan PSDKU-USU di Kabupaten Nias Utara bukanlah hal yang gampang, tapi penuh perjuangan.

“Makanya selesai kami dilantik saat itu pada tanggal 26 April 2021, dan bersama dengan Bupati Nias Utara dan tim langsung menuju USU menandatangani MoU dengan pihak USU. Itu tanda kami mempertaruhkan jabatan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati saat itu demi Nias Utara. Saat itu dihadapan seluruh Wakil Rektor dan Dekan yang hadir, kami nyatakan bahwa apapun yang terjadi asalkan PSDKU-USU jadi dan apabila biaya kurang, maka kami siap untuk menunda program kegiatan pembangunan lainnya.” jelas Wakil Bupati.

Terkait uang kuliah, Wakil Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa uang kuliah adalah standar yang ditetapkan oleh USU, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara tidak akan lepas tangan dan akan berusaha untuk membantu meringankan beban para calon mahasiswa/i yang akan diterima di PSDKU-USU nantinya di Kabupaten Nias Utara.

Wakil Bupati Nias Utara juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu mendukung keberadaan PSDKU-USU di Nias Utara.

“Kami berharap, mari kita satukan gerak dan langkah menuju Nias Utara yang maju dan sejahtera. Mari kita sampaikan hal-hal yang positif kepada masyarakat untuk termotifasi meningkatkan pendidikannya. Jangan hanya segelintir orang yang menikmati Pendidikan yang berkualitas diluar sana. Masyarakat Nias Utara juga harus bisa menikmati Pendidikan yang kualitasnya setara dengan yang dinikmati oleh masyarakat yang ada di Medan sana.” tutupnya.

Sejalan dengan yang disampaikan Wakil Bupati, Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Ya’aman Telaumbanua yang turut hadir dalam temu pers tersebut, dan juga sebagai salah seorang tim pemrakarsa terbentuknya PSDKU-USU Nias Utara menyampaikan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa biaya kuliah di PSDKU-USU cukup besar dan memberatkan bagi sebagian masyarakat, khususnya di Kabupaten Nias Utara. Namun keadaan ini tidak akan dibiarkan begitu saja oleh Pemerintah Daerah.

“DRPD Kabupaten Nias Utara berkomitmen mendukung penuh langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mengatasi masalah ini.” Tegas Yaaman. (AZ)

Comment

Related Post