by

Pembayaran yang Macet di KSU Tomosa akibat Dampak Covid-19

Gunungsitoli, MimbarBangsa.co.id — Koperasi Serba Usaha (Ksu) “Tomosa”, Desa Tetehosi I, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli. mengalami kemacetan sehingga anggota memundurkan diri dan mengambil uang simpanan mereka, Rabu (13/10/21).

Ketua Ksu Tomosa ( Sarofati Gea, STh ) menyampaikan bahwa kemacetan ini bukan karena ada masalah atau korupsi hanya lantaran covid 19 sehingga muncul sedikit kesulitan.

Kendala yg dialami KSU Tomosa yaitu pembayaran cicilan pinjaman yang tidak lancar dari anggota karena semua dana dari anggota berputar keanggota bukan ketempat lain, jadi uang dari anggota tidak kita simpan di Bank.

Ada salah satu anggota yang mengambil semua simpanannya, anggota lain juga akhirnya  berlomba-lomba mengambil simpanan mereka, sementara uang di tangan anggota bukan dari kas.

Staf sekarang berusaha menagih kepada anggota KSU Tomosa. Jadi yang terjadi tidak ada keseimbangan uang masuk dengan permintaan mengembalikan simpanan, yang terjadi pada saat ini sudah berjanji membayar angsuran mereka tetapi tidak terpenuhi.

Selain itu kadang ada simpanan wajib, sukarela, ada juga simpanan khusus yang sifatnya misalnya deposito. Tetapi akibat pandemi Covid-19, pembayaran kewajiban tersebut mengalami kendala, tidak seperti sebelunya.

Ketua KSU Tomosa berharap agar anggota lainnya dapat mengerti dengan kendala tersebut, dan segera mendapatkan penyelesaian.

“Masalah ini mari kita selesaikan secara bersama dan kami akan mempertanggung jawabkan uang simpanan anggota dan bagi yang memundurkan diri akan kami kembalikan simpanannya.” Tutupnya.

Penulis : Krisman W. Laoli

Comment