by

Pasien Positif Covid-19 Ada di Somambawa Nias Selatan, Berikut Tanggapan Camatnya


Nias Selatan, Mimbar Bangsa Virus Corona atau Covid-19 semakin hari kian menakutkan masyarakat Indonesia.

Walau selama ini Kepulauan Nias masih dikabarkan zona Zero, namun akhir-akhir ini media sosial dihebohkan dengan info adanya pasien yang positif Covid-19 di Kecamatan Somambawa, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Mendengar informasi via media sosial ini, insan pers dari Media Online MimbarBangsa.co.id langsung terjun lapangan mengkonfirmasi hal ini kepada Camat Somambawa, Sabtu, 4 April 2020.

Kepada Mimbar Bangsa Fatizamuala Telaumbanua, S.H. Camat Somambawa, menjelaskan bahwa info yang beredar itu adalah Hoax.

Informasi yang beredar di Media sosial tentang adanya pasien atau warga yang positif Covid-19 di Kecamatan Somambawa, tidaklah benar alias hoax” Tegasnya.

Fatizamuala Telaumbanua Camat baru Somambawa ini juga menjelaskan kronologi beredarnya informasi hoax tersebut.

“Memang benar ada warga yang baru pulang dari Jakarta sekitar akhir bulan Maret 2020 yang dalam keadaan batuk-batuk dan agak demam, setelah diperiksa di Puskesmas Somambawa yang bersangkutan di minta untuk tetap istirahat di rumah, dan bila obatnya sudah habis agar menelepon pihak puskesma untuk dibawain obatnya. Namun, ketika obatnya habis, yang bersangkutan ke puskesmas langsung untuk meminta obatnya dan menyampaikan kepada dokter bahwa demamnya sudah reda dan batuknya sedikit berkurang. Dari situ ada oknum masyarakat yang kebetulan ada di sana menyebarkan info tersebut.”

Perihal adanya pertikaian keluarga dengan masyarakat setempat juga telah selesai, setelah Camat Somambawa bersama kepala puskesmas Somambawa menjelaskan berbagai istilah Covid-19.

Berikut ini adalah beberapa istilah Covid-19 yang perlu dipahami :

ODP (Orang Dalam Pemantauan)
Status ODP atau Orang Dalam Pemantauan diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat dari luar atau dalam negeri yang areanya terkonfirmasi ada kasus virus corona.
Orang masuk dalam kriteria ODP jika mengalami gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus tersebut. Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi virus corona Covid-19.
Seperti contohnya dalam hal ini biasanya, orang yang masuk dalam kelompok atau kategori ODP belum menunjukkan gejala sakit akibat virus corona. Namun, jangan sepele juga perihal ini, karena faktanya untuk kasus terbaru dari virus corona Covid-19 sendiri terkadang bisa saja pasien yang terinfeksi tidak mengalami gejala dasar yang diungkapkan sebelumnya.

PDP (Pasien Dalam Pengawasan)
Status PDP atau Pasien Dalam Pengawasan juga bisa dikatakan memiliki indikasi atau diketahui pernah melakukan kontak secara langsung dengan pasien yang positif Virus Corona Covid-19.
Status PDP diberikan kepada mereka yang memiliki gejala virus corona, Covid-19, yang kita ketahui secara umum seperti panas badan dan gangguan saluran pernapasan.
Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus corona Covid-19.
Sehingga, untuk hal ini disarankan orang tersebut dengan status PDP untuk menjaga jarak dengan kebanyakan orang terdekatnya untuk mencegah penularan yang lebih banyak.

Suspect Corona
Status Suspect Corona diberikan kepada pasien yang diduga kuat terinfeksi dengan virus corona Covid-19. Ciri-ciri orang yang masuk pada kategori ini adalah yang sedang mengalami gejala-gejala dan juga pernah melakukan kontak dengan pasien yang dinyatakan positif terkena vVirus corona Covid-19.


Comment

Related Post