by

Paripurna DPRD Nias Selatan, 2 Ranperda Ditetapkan Jadi Perda

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Dewan Perwakilan  Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nias Selatan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) menggelar sidang paripurna dalam rangka persetujuan bersama 2  (dua) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa, S.T., didampingi kedua Wakil Ketua, Fa’atulo Sarumaha dan Agustana Ndruru serta dihadiri oleh anggota-aanggota DPRD Nias Selatan. Rapat berlangsung di Ruang Sidang Paripurna DPRD Setempat, Jalan Saonigeho Km. 3 Teluk Dalam, Jum’at (12/3/2021).


Turut hadir saat itu, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, Sekda Nias Selatan, Ikhtiar Duha, mewakili Danlanal, Danramil 12/Telukdalam, Mayor Inf. Hatianus Zega, para Asisten, Staf Ahli, dan Kepala OPD lingkungan Pemkab Nias Selatan.

Dalam laporan Bapemperda DPRD Nias Selatan yang disampaikan oleh Plt. Sekwan DPRD Nias Selatan, John Leonardo Hulu mengatakan bahwa rapat tersebut digelar guna menindaklanjuti hasil fasilitasi dari Gubernur Sumatera Utara No. 188.45/9841/2021 Ranperda tentang penyelenggaraan perlindungan perempuan dan anak tanggal 30 Desember 2020 dan No. 188.342/1400/2020 tentang Ranperda Perizinan di Bidang Kesehatan tertanggal 16 Februari 2021.

“Juga mempedomani pasal 87 ayat (1)dan pasal 88 ayat (1) Permendagri No. 80 Tahun 2015 tentang produk hukum daerah,” pungkas John.

Ia menyebut, sebelumnya ada 6 Ranperda yang telah dilakukan pembahasan pada tahun 2020, diantaranya 2 Ranperda yang ditetapkan hari ini dan 4 Ranperda lainnya telah ditetapkan pada hari sebelumnya.

Ia menambahkan bahwa ke-4 Ranperda yang telah ditetapkan itu sedang dalam proses tahap evaluasi di Biro Hukum Provinsi Sumut.

Ke-4 Ranperda itu, kata dia, yaitu Ranperda Tentang Restribusi Pelayanan/ Jasa Pelabuhan Lokal, Regional, Internasional, dan ASDP, Retribusi Kekayaan Daerah Mobil Pengadaan KPDT dari DAK Afirmasi, Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kapal Angkutan Pelayanan Rakyat Milik Pemda Nias Selatan, dan  Ranperda Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Tempat Khusus.

Bupati Nias Selatan dalam pendapat akhirnya, menyampaikan bahwa penyusunan kedua Ranperda tersebut merupakan komitmen bersama antara lembaga DPRD bersama Pemda Nias Selatan yang telah dituangkan program legislasi daerah (Prolegda) TA. 2020.

Hilarius juga menyampaikan ke-4 Ranperda yang telah ditetapkan sebelumnya sedang dalam tahap evaluasi Gubernur Sumatera Utara.

“Ucapan terimakasih, kami sampaikan kepada pimpinan DPRD, anggota DPRD dan BAPEMPERDA Nias Selatan atas kerjasama dan konstribusi dalam pembahasan bersama kedua Ranperda, yaitu Ranperda Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak, Ranperda tentang Perizinan Bidang Kesehatan menjadi Perda Nias Selatan,” tukas Duha.

Menurut dia, tujuan Perda Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak, yakni untuk memberikan pedoman kepada pemerintah daerah dalam penyusunan perencanaan kebijakan strategis, mencegah terjadinya pelanggaran atas hak perempuan dan anak serta meningkatkan peran lembaga pemerintah dan/atau LSM.

“Dan Raperda Perizinan Bidang Kesehatan bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi penyelenggaraan fasilitas kesehatan, mutu tenaga kesehatan, serta keamanan pangan bagi masyarakat Nias Selatan,” tandasnya. (Risgow)

 

Comment

Related Post