by

Panwascam Cilodong Kota Depok, Bimtek Untuk Pengawas TPS Digelar


Depok, MimbarBangsa.co.id — Pesta demokrasi dalam beberapa terhitung hari, dimana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok 2020, Panwaslu Kecamatan Cilodong, Kota Depok menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) untuk lima Kelurahan. Hal ini tingkatkan kemampuan dan pemahaman pengawas tempat pemungutan suara (PTPS). Hari ini, 320 anggota ptps dibina melalui Bimbingan Teknis di Aula Kantor Kecamatan Cilodong, Kamis (3/12/2020).

Dalam kesempatan ini, Ketua Pengawas Kecamatan (Panwascam) Cilodong, Dedi Muliana mengatakan, bahwa pelaksanaan Pilkada tahun ini berbeda dari biasanya dikarenakan sedang dalam masa pandemi Covid-19, sehingga harus selalu menerapkan protokol kesehatan.


Sedangkan pada 4 poin penting pengawasan tersebut diantaranya Pertama Mekanisme pengawasan, persiapan dan perhitungan suara. Kedua menggunakan Form A sebagai laporan pengawasan di TPS. Ketiga mengenai aplikasi siwaslu dan sipitung. Dan terakhir netralitas selaku pengawas.

“Dengan telah direkrutnya Pengawas TPS, maka selanjutnya diberikan bimtek agar menjadi tahu tugas dan fungsi pengawas. Bimtek ini,” kata Dedi.

Dengan dapat memahami tugas dan fungsinya dilapangan, nantinya menjadikan bekal yang cukup dalam melaksanakan fungsi pengawasan di TPS,” ujarnya.

Menurut Dedi , Pengawas TPS dalam membantu Pengawas kelurahan saat melakukan pengawasan mempunyai tugas dan wewenang, yakni mengawasi persiapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Selain itu juga mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara, menyampaikan keberatan dalam hal temuannya,” jelasnya.

Dedi bersyukur dengan adanya acara bimtek hari itu berjalan lancar, serta berharap para pengawas TPS dapat menjalankan tugas sesuai fungsinya.

“Alhamdulillah bimtek pengawas TPS Kecamatan berjalan lancar tanpa ada kendala. Semoga para pengawas bisa melaksanakan tugas-tugas materi dengan amanah, jujur dan menjaga integritas tinggi pada pilkada nanti tanggal 9 Desember,” tegasnya.

Semoga pelaksanaan pilkada di masa pandemi Covid-19 ini dapat berjalan lancar dan masyarakat dapat memilih sesuai dengan nuraninya dan menerima hasil pemilihan. (Prayitno)


Comment