by

Panglima TNI, Kapolri, dan Mentri Kesehatan Tinjau Gerai Vaksinasi Keliling

Mimbar Bangsa - -NASIONAL-7 views

Jakarta Barat, MimbarBangsa.co.id — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kementerian Kesehatan RI meninjau Gerai Vaksinasi Keliling Program Polres Jakarta Pusat bersama Kodim dan Pemda Jakarta Pusat.

Rombongan meninjau tiga lokasi gerai di wilayah Polsek Sawah Besar, Tanah Abang, dan wilayah Gambir.

Dalam kegiatan peninjauan tersebut, Kapolri dan Panglima juga menyerahkan bantuan kepada warga, Kamis, 22 Juli 2021.

“Kita apresiasi kegiatan ini, yang betul betul menyentuh masyarakat, yang memang sedang sulit dimasa pandemi ini,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi, diamini Kapolri.

Menurut Panglima, kunjungan dirinya bersama Kapolri dan rombongan adalah dalam rangka memastikan bahwa vaksinasi berjalan, dan bantuan sembako sampai kepada masyarakat yang terdampak masa pandemi.

“Vaksinasi dan pembagian sembako dengan strategi memetakan wilayah dengan presentase yang masih rendah. Kita lakukan jeput bola, terutama daerah daerah slum, pinggiran, dan yang sulit di jangkau,” kata Hadi.

Senada dengan Hadi Tjahanto, Kapolri mengatakan beberapa pekan ini angka varian covid 19 masih tinggi dan kegiatan gerai vaksin keliling Polres Metro Jakarta Pusat adalah bagian dari program TNI dan Polri untuk mempercepat peningkatan imunitas ibukota.

“Strategi akselarasi kegiatan vaksinasi, dengan tiga program, mulai vaksin massal, gerai Vaksin, hingga Gerai Keliling seperti yang saat ini,” kata Sigit.

Sigit berharap target Jakarta dengan mayoritas imuniti segera tercapai.

“Target 70 persen penduduk di vaksin sebelum 17 Agustus semoga tercapai. Bantuan sosial yang disalurkan untuk meringankan yang terdampak, mudah mudahan dapat meringankan beban masyarakat. Masyarakat jangan kuatir, pemerintah pasti peduli,” kata Kapolri, Kepada wartawan usai peninjauan.

Di Sawah Besar Kapolri dan Panglima beserta rombongan, juga sempat mendapat penjelasan dari Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi, Damdim 0501 Kol Inf Luqman, dan Walikota Jakarta Pusat.

“Kegiatan vaksinasi di daerah slum area akan kita tingkatkan. Karena masih banyak warga di daerah pinggiran itu yang belum mendapat vaksin, di lokasi ini ada 41 persen yang belum divaksin. Kita datang kemudian kita jemput bola agar target vaksinasi di bulan Agustus bisa tercapai,” kata Hengki.

Usai menerima penjelasan singkat itu, Kapolri dan Panglima dam rombongan melanjutkan ke lokasi kedua di wilayah Duri Pulo, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Gambir,  dan Rusun Petamburan, Tanah Abang.

Dokter Ratna mengatakan, serbuan vaksinasi ini merupakan upaya dari TNI-Polri dan juga pemerintah dalam menyukseskan program pemerintah untuk mencapai Herd Imunity.

“Harapannya semoga vaksinasi terus berjalan, warga diawasi terus untuk menjalani dosis satu dan dosis dua sampai habis di usia di atas 12 tahun tervaksinasi semua,” kata Ratna.

(AT. Waruwu)

Comment

Related Post