by

Ini Tanggapan Hilarius Duha Perihal Pelemparan Kotoran Babi Ke Mantan Bupati Nias Selatan


Nias Selatan, Mimbar BangsaBupati Nias Selatan Hilarius Duha angkat bicara soal insiden pelemparan kotoran atau tahi babi oleh sekelompok pemuda ke mantan Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi pada Sabtu (25/1/2020).
Saat itu, Idealisman Dachi datang ke acara syukuran atas pemenangan Wisnu Duha sebagai Kepala Desa Hilisatoro Gewa, di Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.
Hilarius Duha secara tegas menyesalkan insiden keributan yang terjadi kepada mantan Bupati Nias Selatan.

“Peristiwa tersebut tidak seharusnya terjadi, dan sayang disayangkan sekali,” ucap Hilarius Duha saat di hubungi Kompas.com melalui WhatsApp, Selasa (28/1/2020).
Menurut Hilarius, peristiwa tersebut sangat memalukan.
“Bila ada perselisihan antara keduanya, seharusnya tidak terjadi di muka publik. Memalukan apa pun penjelasannya,” lanjut Hilarius.

Mantan Bupati belum laporkan insiden pelemparan

Dia mengatakan, Idealisman Dachi adalah mantan pejabat daerah yang seharusnya dihormati, bukan diperlakukan seperti itu.
“Bapak itu mantan pejabat daerah harusnya dihormati bukan seperti yang viral itu lho dan para pemuda  yang melempar sebaiknya menyelesaikan pertikaian antara keduanya,” ujarnya.
Dia kemudian mengapresiasi Idealisman Dachi yang mampu mengontrol emosinya, walau posisinya sulit.

Dihubungi secara terpisah, Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widiarta mengatakan hingga saat ini belum ada laporan dari mantan Bupati Nias Selatan atas insiden yang terjadi beberapa waktu lalu.
“Belum, belum ada laporan yang masuk,” kata I Gede Nakti Widiarta, Selasa (28/1/2020).

Menurut dia, bila nantinya ada laporan masuk terkait insiden tersebut, pihaknya akan segera menindaklanjutinya sesuai prosedur yang berlaku.

Hadir di acara syukuran

Sebelumnya, dalam video berdurasi 12 detik yang viral di medsos, mantan Bupati Nias Idealisman Dachi dilempar kotoran babi oleh sekelompok pemuda.
Namun lemparan itu tidak sampai mengenai tubuhnya.

Idealisman pun langsung dievakuasi sejumlah warga ke salah satu rumah warga.
Peristiwa itu terjadi usai Idealisman menghadiri acara syukuran Kepala Desa Hilisatoro Gewa, di Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Sumber: Kompas. Com


Comment

Related Post