by

Menperin Sebut Suzuki Akan Garap Ertiga dan XL7 Hybrid di Indonesia

-Mobil-54 views

Jakarta, Mimbarbangsa.co.id – Dalam lawatannya di Jepang, Menteri Perindustrian atau Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa Suzuki Indonesia akan menjadi basis bagi pengembangan model Suzuki Ertiga dan Suzuki XL 7 hybrid.

“Ertiga dan XL 7 akan mild hybrid akan dikembangkan sebagai produk tujuan ekspor di Asia dan pasar Amerika Latin. Jadi mereka akan investasi setelah kami jelaskan rencana pemerintah revisi PP 73,” jelas Menperin.


Sebelumnya Menperin didampingi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi melakukan pertemuan dengan empat pimpinan perusahaan otomotif Jepang. Yaitu Mazda Motor Corporation, Honda Motor Company Limited, Suzuki Motor Corporation, serta Toyota Motors Corporation.

Kunjungan Menperin juga dimanfaatkan untuk sosialisasi kebijakan penyesuaian tarif pajak sektor otomotif dan tarif pajak kendaraan listrik.

Saat bertemu Hiroshi Inoue, Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation, Menperin menyampaikan kebijakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Kendaraan Bermotor di Tanah Air.

Dalam perbincangan dengan Mazda salah satu topiknya adalah cara pendirian pabrik di Indonesia dengan memanfaatkan berbagai insentif yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

“Pihak Mazda dalam pertemuan itu menyampaikan ketertarikannya berinvestasi dalam pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL-BB) di Indonesia. Dalam dua sampai tiga tahun ke depan, Mazda berkomitmen membangun industri KBL-BB, dan diharapkan dapat memperoleh pasokan baterai listrik dari Indonesia,” demikian disampaikan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sementara saat berjumpa dengan Mitsubishi Motors, Menperin menyebutkan bahwa carmaker berlogo tiga berlian ini siap menambah investasi Rp11,2 triliun.

Comment

Related Post