by

Menkes: Seluruh Venue PON Papua Relatif Aman dari COVID-19

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menyatakan venue atau lokasi pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berada dalam kondisi yang relatif aman dari COVID-19.

“Semua daerah penyelenggaran PON Papua sebenarnya sudah berada di level 2 dan penyebaran COVID-19 sudah lumayan terkendali,” kata Menkes usai rapat virtual persiapan PON Papua, Senin (27/9/2021).
PON Papua akan digelar di empat wilayah yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.
Menurut Menkes, kondisi ini erat kaitannya dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 44/2021 yang salah satunya terkait persyaratan kegiatan olahraga dan jumlah warga yang divaksinasi.
“Dalam Inmendagri Nomor 44 itu kegiatan olahraga bisa dijalankan jika vaksinasi COVID-19 mencapai 60 persen,” ujarnya.
Menkes juga menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah membantu vaksinasi. Selain itu, Menkes menegaskan pihaknya juga menggencarkan vaksinasi COVID-19  menjelang PON Papua.
Menkes mengharapkan 60 persen warga sudah melakukan vaksinasi tahap pertama dan ditargetkan sudah memvaksinasi 648.622.

“Sedangkan Kabupaten Jayapura baru mencapai 57 persen, dan Kabupaten Keerom 54 persen. Kita sedang mengejar untuk kedua kabupaten tersebut mencapai target 60 persen,” urainya.

Dia menambahkan penyaluran distribusi vaksin sudah sampai di Papua. Selain penularan COVID-19, pihaknya mengantisipasi penyakit malaria di titik lokasi PON.

“Mengenai pengendalian penyakit malaria, Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Papua sudah melakukan fogging ke seluruh venue,” kata Budi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan,  agar kerumunan penonton dalam pelaksanaan pekan olahraga nasional PON Papua dapat diantisipasi.
Sedangkan Bupati Jayapura Mathius Awotiauw mengatakan sekitar 57 persen penduduk Jayapura sudah menjalani vaksinasi COVID-19.
“Kami upayakan agar vaksinasi dapat mencapai 60 persen,” kata Bupati Mathius dalam konferensi pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Jayapura.
PON Papua akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua pada 2 Oktober 2021 mendatang.

Comment

Related Post