by

Menkes Mengajak Pandangan Baru Terhadap Orang Postif Covid-19


Menkes: Anggap Semua Orang Positif, Bukan Sakit

Jakarta, Mimbar Bangsa – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengingatkan agar semua orang dianggap positif Covid-19, tapi bukan sakit. Hal tersebut bertujuan supaya setiap orang menjalankan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan memakai masker.


“Harus menganggap semua orang positif, bukan sakit. Kita pakai masker karena masa pandemi. Harus ikhlas pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak,” kata Menkes saat mengunjungi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Pinang dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemkes), Jumat (25/9/2020).

Pernyataan Menkes ini bukannya tanpa alasan. Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan bahwa 70% orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala atau sering disebut orang tanpa gejala. Mereka tidak merasa sakit sehingga beraktivitas seperti biasa.

Bisa saja orang-orang di sekitar kita adalah mereka yang positif tapi tidak menunjukkan gejala. Karena itulah, penggunaan masker adalah cara paling efektif untuk melindungi diri sendiri maupun orang sekitar dari paparan Covid-19.

Kunjungan Menkes ke KKP Tanjung Pinang untuk memastikan tenaga kesehatan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemkes di Provinsi Kepulauan Riau yang menangani kasus Covid-19 mendapatkan insentif secara menyeluruh.

Menkes Terawan berkomunikasi langsung dengan para pimpinan dari UPT tersebut. Ia memastikan semua tenaga kesehatan dari UPT tersebut yang menangani kasus Covid-19 sudah menerima insentif dari Kemkes.

“Saya pertama kali ada di Bintan, sekalian mengecek keadaan staf saya di daerah. Kalau saya tanya, sudah turun belum insentifnya untuk semua?,” tanya Menkes, yang dijawab sudah oleh seluruh pimpinan UPT.

Menkes mengatakan akan meminta Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit untuk memenuhi kebutuhan setiap daerah.

“Pengalaman kalian pasti luar biasa, saya minta untuk semua sabar, berdoa, tawakal, dan tetap berbahagia,” kata Menkes.

Hadir dalam pertemuan tersebut yaitu KKP Batam, KKP Tanjung Pinang, KKP Tanjung Balai Karimun, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam, Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam, dan Poltekkes Tanjung Pinang.

Sumber: BeritaSatu.com


Comment